Masjid Nurul Islam Bumi Agung Gelar Qunutan

Masjid Nurul Islam Bumi Agung Gelar Qunutan

Jamaah Masjid Nurul Islam Bumi Agung Kelurahan Kuripan Kecamatan Kota Agung, Tanggamus tampak khusyuk memanjatkan doa. Foto Rio Aldipo--

RADARTANGGAMUS.CO.ID--Masjid Nurul Islam RT 18, Bumi Agung Kelurahan Kuripan Kecamatan Kota Agung melaksanakan kegiatan Qunutan di hari ke 15 Ramadhan, Selasa malam, 26 Maret 2024.

Qunutan ini dilaksanakan setelah Salat Tarawih, tampak jamaah mulai dari anak-anak hingga orang dewasa antusias mengikuti kegiatan Qunutan.

Menurut Ketua Takmir, Masjid Nurul Islam, Bumi Agung, Munar Ginting,S.Pd menjelaskan tradisi Qunutan merupakan bentuk rasa syukur atas nikmat bulan Ramadhan sekaligus kirim doa kepada para tokoh yang telah berjasa atas berdirinya Masjid Nurul Islam.

BACA JUGA:Orang Muslim Harus Tahu, ini 7 Hal yang Dapat Membuat Salat Jadi Batal

BACA JUGA:Manfaat Dzikir, Bisa Bikin Hati Bahagia dan Tenang

"Qunutan ini sudah menjadi tradisi dari masyarakat Bumi Agung dan sekitarnya, sejak Nurul Islam ini masih mushola atau sekitar tahun 2000 an yang sampai sekarang masih terus dilestarikan,"kata Munar Ginting yang didampingi Sekretaris Takmir Masjid Nurul Islam Suyatno.


Makanan yang dibawa oleh warga saat acara Qunutan dibagi-bagikan kepada jamaah. Foto Rio--

Dilanjutkan Munar Ginting bahwa para jamaah yang hadir datang ke masjid membawa makanan sendiri, menu yang dibawa mayoritas ketupat lengkap dengan aneka lauk pauk dan sayur.

"Setelah salat Isya dilanjutkan tarawih dan kirim doa, kepada para tokoh inisiator pembangunan masjid yang telah menghadap kepangkuan illahi,"ujarnya.

Ia berharap kegiatan Qunutan ini dapat terus dilestarikan."Kalau melihat antusias dari masyarakat masih cukup tinggi. Harapannya ini terus dilestarikan, makin memanfaatkan masjid untuk ibadah,"pungkas Munar Ginting.(*)

 

Sumber: