Warga Margakaya Pringsewu Harapan Pembangunan Tanggul Penahan Banjir

Warga Margakaya Pringsewu Harapan Pembangunan Tanggul Penahan Banjir

Inilah Banjir yang melanda di Pekon Margakaya kecamatan Pringsewu akibat luapan sungai way tebu--

PRINGSEWU,RADARTANGGAMUS.DISWAY.ID - Puluhan rumah di dusun 1 tiyuh tua pekon Marga kaya kecamatan Pringsewu terendam banjir , Sabtu (25/5). 

 

Rumah terendam banjir akibat meluap sungai way tebu yang debit air mulai masuk dengan ketinggian sekitar 50 cm selutut orang dewasa sekira pukul 05.00 wib. Selain banjir juga merendam balai Pekon Marga kaya. 

 

Menurut Herfendi warga setempat, bahwa banjir akibat meluap sungai Way Tebu yang mulai masuk ke pemukiman rumah warga sekitar pukul 05.00 wib. 

"Banjir yang kedua kali ini disini. Karena, deras kirim debit air sungai way Tebu dari Pugung kabupaten Tanggamus, " Ucapnya.

Ia berharap kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pringsewu untuk dapat membangun tanggul penahan banjir di bantar sungai Way Tebu yang dekat dengan pemukim warga. 

"Karena, tanggul di Tiuh tua disekitar bantaran sungai way tebu sudah tidak ada lagi. Jadi, setiap sungai way tebu meluap air masuk ke pemukiman warga. Kalau masih ada tanggul insyaallah banjir disini ini bisa diminimalisir, " Harapannya. 

 

Selain di pekon Margakaya banjir akibat luapan sungai way tebu juga pekon lainnya terdampak dusun Jatirenggo pekon Waluyojati, pekon Sidoharjo. Kemudian pekon di kecamatan Ambarawa yakni pekon Jati Agung, Pekon Margodadi. Bahkan banjir ini tidak hanya merendam puluhan rumah warga melainkan terdapat satu bedeng (bangunan pabrik genteng) hanyut terbawa derasnya air.(*) 

Sumber: