Ribuan Pohon Cemara Ditanam Sepanjang Pantai Saumil Tanggamus, Ini Fungsi dan Manfaatnya

Ribuan Pohon Cemara Ditanam Sepanjang Pantai Saumil Tanggamus, Ini Fungsi dan Manfaatnya

Pj. Bupati Tanggamus Ir. Mulyadi Irsansimbolis menanam pohon cemara di Pantai Saumil, Kecamatan Wonosobo. Foto Diskominfo --

 

RADARTANGGAMUS.CO.ID--3.125 batang pohon cemara ditanam sepanjang pesisir pantai saumil Pekon Karang Anyar, Kecamatan Wonosobo, Tanggamus, Jumat 7 Juni 2024.

Penanaman ribuan pohon cemara tersebut di sepanjang pesisir pantai itu dilakukan guna melindungi dari abrasi.

Secara simbolis penanaman pohon cemara dan merupakan kegiatan vegetasi pantai Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia.

Melalui Direktorat Jenderal Pengelolaan Kelautan Ruang Laut Pendayagunaan Pesisir Pulau Pulau Kecil tersebut dihadiri.

Pj Bupati Tanggamus Mulyadi Irsan; Dirjen Pengelolaan Kelautan dan Ruang Laut Pendayagunaan Pesisir dan Pulau Pulau Kecil Sarifah; Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Hendra Widjaya Mega.

Kepala BPBD Tanggamus, Sekretaris Perikanan, Plt Kepala Bapperida, Danpos Angkatan Laut Kotaagung

Camat Wonosobo, Uspika Kecamatan Wonosobo serta Kepala Pekon Se-kecamatan Wonosobo dan masyarat Setempat.

Pj. Bupati Tanggamus mengatakan selain sebagai fungsi ekosistem penanaman ribuan pohon cemara ini.

Diharapkan memberikan dorongan untuk lingkungan dan wisata, untuk itu ia mengajak masyarakat untuk menumbuhkan rasa memiliki.

"Jangan sampai setelah ditanam, kemudian ditebang dan tidak dirawat, dan mari kita tumbuhkan rasa memiliki demi terjaganya kelestarian,"ajaknya.

Masih menurutnya, kedepan agar supaya dibentuk kelompok sadar wisata (Pokdarwis) di wilayah pesisir pantai Saumil sehingga sektor wisata dapat terkelola dengan baik.

"Insyallah kedepan akan dibangun lebih banyak lagi ekowisata, sehingga apa, dampakanya ekonomi masyarakat juga dapat meningkat, kita juga harapkan bantuan dari pusat melalui Kementerian Kelautan dapat terealisasi di Tanggamus,"terangnya.

Sementara itu, Sarifah dari Direktorat Jenderal Pengelolaan Kelautan dan Ruang Laut Pendayagunaan Pesisir dan Pulau Pulau Kecil yang di wakili mengatakan bahwa kegiatan penanaman pohon cemara tersebut.

Sumber: