Program Wajib Kuliah Nahdliyin,Pergunu Lampung Lakukan Seleksi Beasiswa S1 Hingga S3

Program Wajib Kuliah Nahdliyin,Pergunu Lampung Lakukan Seleksi Beasiswa S1 Hingga S3

PW Pergunu Lampung gelar seleksi program beasiswa S1 hingga S3, Minggu 23 Juni 2024. Foto Ist--

RADARTANGGAMUS.CO.ID--Pimpinan Wilayah Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (PW Pergunu) Provinsi Lampung kembali membuka pendaftaran program beasiswa Sarjana (S1),Pascasarjana (S2) dan Doktoral (S3).

Program beasiswa ini merupakan hasil kerja sama antara PW Pergunu Lampung dengan Universitas KH Abdul Chalim (UKHAC) Mojokerto, Jawa Timur yang dilaksanakan di Aula Gedung ITS NU Lampung,Minggu 23 Juni 2024.

Ketua PW Pergunu Lampung Prof. Dr. H. Imam Syafe'i, M.Ag dalam sambutannya mengatakan program beasiswa tersebut merupakan program wajib belajar bagi pemuda,pelajar dan warga Nahdliyin baik dari dalam maupun luar negeri termasuk bagi putra-putri yang ada di Provinsi Lampung.

"Pergunu Lampung melalui Pimpinan Pusat Pergunu sudah bekerjasama dengan Universitas KH Abdul Chalim,Pacet, Mojokerto, Jawa Timur merancang program wajib kuliah bagi pemuda,pelajar dan santri berlatar belakang Nahdliyin dari dalam maupun luar negeri termasuk dari putra-putri dari Lampung mulai dari jenjang S1 hingga S3.

BACA JUGA:Selamat! Ketua PW PERGUNU Lampung Raih Guru Besar Bidang Ilmu Pendidikan Agama Islam

BACA JUGA:PCNU bersama LAZISNU dan PMI Serahkan Bantuan Untuk Korban Banjir di Talang Padang

Alhamdulillah tahun 2014 ini sudah berjalan angkatan yang ke-10 semoga terus berkesinambungan,"kata Prof. Imam yang juga Kaprodi S2 PAI UIN Raden Intan Lampung itu.

Prof Imam menjelaskan, beasiswa ini mencakup berbagai fasilitas seperti bebas uang gedung,bebas SPP selama menempuh studi, bebas biaya asrama pesantren, dan bebas biaya pengajian pesantren.

Lebih lanjut ia mengatakan pada tahun 2024 ini diikuti 35 calon peserta yang mengikuti tes tertulis dan wawancara. Adapun calon penerima beasiswa ini akan diuji pada lima tahapan tes yaitu pertama tentang Ke-Aswaja-an, kedua Bahasa Inggris, ketiga Bahasa Arab dan kitab kuning, ke empat pengetahuan umum, serta ke lima tes baca Al-Qur’an beserta tajwidnya.

Sementara itu Sekretaris PW Pergunu Lampung Dr. Ihsan Mustofa, M.Pd.I mengatakan program beasiswa ini dilakukan sesuai dengan amanah PP Pergunu untuk melakukan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) melalui program beasiswa pendidikan S1,S2 dan S3.

Dengan adanya program beasiswa ini, PW Pergunu Lampung diharapkan memiliki SDM yang berkualitas dan berwawasan global baik bidang di intelektual dan spiritual yang memiliki karakter Ahlussunnah wal Jamaah An-Nahdliyah yang berbanding lurus dengan peningkatan wawasan global dan menjaga kedaulatan NKRI.

Terpisah Ketua Umum PP Pergunu, Prof. Dr. KH. Asep Syaifudin Chalim, M.A mengatakan, pemenang kompetisi adalah orang-orang memiliki kompetensi dan skill yang responsif terhadap perkembangan zaman. 

“Atas dasar kondisi tersebut, PP Pergunu bekerjasama dengan Universitas UKHAC Mojokerto,Jawa Timur, merancang program wajib kuliah bagi pemuda,pelajar dan santri berlatarbelakang Nahdliyin dari seluruh penjuru Indonesia termasuk dari Provinsi Lampung maupun dari luar negeri dengan memberikan beasiswa Sarjana (S1) Pascasarjana (S2), dan Doktoral (S3),"katanya.

Pada kegiatan tes seleksi beasiswa tersebut turut dihadiri oleh Wakil Ketua PW PERGUNU Lampung Dr. Erjati Abbas, M.Pd, Sekretaris PW PERGUNU Lampung Dr. Ihsan Mustofa, M.Pd,Wakil Sekretaris Dr. Muhammad Idris, M.Pd.I, Bendahara Dr. Sunarto, M.Pd.I,Tim Penguji Tes Beasiswa Dr. Hj. Rita Linda, M.Pd, Dr. Umi Kulsum, M.Pd.I, Septa Aryanika, M.Pd, Sumarjo,M.Pd.I, Isyi Alfarisi, M.Pd.I, Salim Hariyanto, M.Pd, Gunadi, S.Pd,Ali Tahan Uji, M.Pd, serta para pengurus serta Ketua Pengurus Cabang (PC) Pergunu se-Provinsi Lampung.(rls/*)

Sumber: