Gangguan PDN Berdampak Pada Aplikasi Siskeudes

Gangguan PDN Berdampak Pada Aplikasi Siskeudes

--

RADARTANGGAMUS.CO.ID--Adanya gangguan teknis pada server Pusat Data Nasional (PDN) 2 Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) berdampak pada aplikasi sistem keuangan desa (Siskeudes).

Menurut Kepala Diskominfo Tanggamus, Suhartono, akibat dari gangguan tersebut Siskeudes hingga kini belum berfungsi optimal.

Tidak hanya aplikasi Siskeudes saja,sejumlah aplikasi layanan publik milik pemerintah juga sebagian belum berfungsi normal.

BACA JUGA:Aparatur Pekon Pajajaran Ikut Pelatihan Siskeudes

BACA JUGA:Sumringah! 10 Pekon di Tanggamus Telah Terima Dana Desa 2024, Pekon di Kecamatan Mana Saja?

"Ya,sampai saat ini semua aplikasi berbasis PDN 2 masih belum bisa diakses,termasuk aplikasi Siskeudes,"ujar Suhartono,Jumat 28 Juni 2024. 

Diungkapkan Suhartono, bahwa saat ini pihak Kemenkominfo sedang mengupayakan proses pemulihan dan perbaikan terhadap gangguan pada server PDN 2.

 "Saat ini tim dari Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) sedang berupaya melakukan perbaikan,Insya Allah dalam 1 hingga 2 hari kedepan sudah pulih kembali dan aplikasi PDN 2 Kemenkominfo sudah bisa diakses kembali,"terang mantan Kepala Dinas Ketahanan Pangan Tanggamus itu.

Dampak gangguan pada aplikasi Siskeudes,membuat pemerintah pekon di Kabupaten Tanggamus tidak bisa membuat laporan keuangan penggunaan dana desa (DD).Hal ini tentu  membuat tata kelola pada keuangan desa menjadi terhambat. 

Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Tanggamus mencatat,hingga akhir Juni ini baru ada 51 pekon yang telah menyampaikan laporan realisasi penggunaan anggaran dana desa (DD) tahun 2024 tahap pertama.

"Baru 51 Pekon yang melaporkan realisasi DD tahap pertama," ujar Analis Keuangan Nur Kholiq mewakili Kepala Dinas PMD Tanggamus,Arpin.

Diungkapkannya bahwa salah satu faktor keterlambatan penyerahan laporan tersebut dikarenakan aplikasi Siskeudes yang masih bermasalah.

"Siskeudes itu kan menjadi aplikasi yang digunakan untuk tata kelola keuangan desa.Segala laporan mengenai penggunaan DD itu harus melewati siskeudes dulu. Nah,karena sekarang sedang ada gangguan pada server PDN 2,imbasnya siskeudes tidak bisa diakses," ungkap Nurkholiq.(*)

 

Sumber: