IBN Lampung Pendamping Manajemen Sampah Bagi UMKM di Pringsewu

IBN Lampung Pendamping Manajemen Sampah Bagi UMKM di Pringsewu

Penyerahan simbolis NIB kepada perwakilan pelaku usaha dan pemberian Piagam Penghargaan Bagi Narasumber oleh Kepala Pekon--

PRINGSEWU,RADARTANGGAMUS.CO.ID - Institut Bakti Nusantara (IBN) Lampung melakukan pendampingan kepada masyarakat Pekon Waringin Sari Timur, Kecamatan Adiluwih dalam pengelolaan manajemen sampah di Tempat Pengolahan Sampah Reduce, Reuse, Recycle (TPS3R) JAGAD APIK.

 

Pada Pendampingan dan Pemberdayaan Masyarakat itu pihak IBN berkolaborasi dengan Ketua TPS3R Jejama Secancana Pringsewu Barat, Lukman Riyadi dan Ani Lailia Selaku pengusaha muda kain perca di Pekon Waringin Sari Timur.

 

Rektor IBN Lampung diwakili Dekan Fakultas Teknologi dan Ilmu Komputer Muhamad Muslihudin, M.TI mengatakan, 

kegiatan itu merupakan bagian dari upaya untuk meningkatkan kesadaran lingkungan serta mempromosikan pengelolaan sampah yang lebih efisien dan berkelanjutan di tengah masyarakat.

 

"Pada agenda itu Tim pendampingan dari IBN memberikan edukasi mengenai pentingnya pengelolaan sampah mulai dari pemilahan di sumber, pengolahan, hingga pemanfaatan hasil akhir,"jelasnya.

 

Selain itu, masyarakat juga diajarkan cara mengoptimalkan TPS3R JAGAD APIK sebagai sarana pengolahan sampah yang mendukung prinsip ekonomi sirkular. 

 

"Salah satu fokus utama dari kegiatan ini adalah memberdayakan masyarakat untuk mengolah sampah organik menjadi kompos dan sampah anorganik menjadi bahan daur ulang yang bernilai ekonomi,"jelas M.Muslihudin.

 

Menurut dia, bahwa kegiatan tersebut juga merupakan wujud nyata dari pengabdian IBN kepada masyarakat. "Semoga kegiatan ini dapat bermanfaat jangka panjang bagi masyarakat Waringin Sari Timur khususnya, baik dalam aspek lingkungan maupun ekonomi. Sebab dalam pengelolaan sampah yang baik tidak hanya menjaga kebersihan lingkungan, tetapi juga bisa menjadi sumber penghasilan tambahan bagi masyarakat, "ucapnya.

Sumber: