IKN Batch Dua Tuntas Tahun Depan Kementerian PUPR Segera Lakukan Pembangunan

IKN Batch Dua Tuntas Tahun Depan Kementerian PUPR Segera Lakukan Pembangunan

Kementerian PUPR Akan tuntaskan pembangunan dasar batch dua Ibu Kota Negara (IKN) tahun 2025, diantaranya SPAM Sepaku. foto Kementerian PUPR --

 

JAKARTA, RADARTANGGAMUS.CO.ID--Pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) batch satu hampir rampung dilakukan. Seiring dengan itu, konsentrasi pengerjaan IKN mulai fokus pembangunan ke tahap pembangunan sejumlah proyek batch dua.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono menegaskan secara bertahap dan pasti, pembangunan IKN terus berlanjut dan akan tuntas dilakukan.

Ia menerangkan beberapa pembangunan batch dua yang akan dilakukan, dengan telah hampir selesainya batch satu yang mencapai 92 persen, meliputi.

Pembangunan infrastruktur dasar, seperti pekerjaan lanjutan pembangunan Jalan Tol IKN, hunian ASN, dan gedung perkantoran. 

BACA JUGA:Pembangunan Berlanjut, Infrastruktur Dasar Ibu Kota Negara Ditarget Rampung Tahun Ini

Kawasan Investasi IKN, juga tengah mulai dilakukan, dengan demikian lanjutnya bahwa instansi yang di bidangnya telah menyiapkan yang akan digunakan untuk pengerjaan proyek proyek tersebut.

Total pagu indikatif, Kementerian PUPR di tahun 2025 yang akan dipakai melanjutkan sejumlah pengerjaan proyek IKN tahun depan yakni Rp 4,19 Triliun.

”Untuk digunakan dalam infrastruktur sumber daya air, infrastruktur jalan dan jembatan, infrastruktur permukiman, dan Sistem Penyediaan Air Minum Sepaku, dan infrastruktur perumahan,”kata Basuki.

BACA JUGA:Pj Bupati Tanggamus Bertemu Presiden Jokowi di IKN

Anggaran tersebut menurut Basuki, semaksimal mungkin akan digunakan untuk sejumlah proyek IKN, sehingga dampaknya progres pembangunan semakin dirasakan manfaatnya.

Adapun pekerjaan infrastruktur sumber daya air, menurut Basuki yaitu, pengendalian banjir Daerah Aliran Sungai (DAS) Pemaluan, pembangunan intake dan pipa transmisi air baku, dan operasi pemeliharaan sarana prasarana IKN. 

”Terdiri atas pemeliharaan sarana dan prasarana Bendungan Sepaku Semoi, Intake Sepaku, dan Pengendalian Banjir DAS Sanggai, Pengendalian banjir Sungai Pamaluan, Pembangunan Intake dan Transmisi air baku Riko Kernain,"jelasnya.

Sementara itu, untuk pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan di IKN, juga tak luput dari konsentrasi Kementrian PUPR.

Sumber: