Kakon Netral di Pilkada, Ketua Apdesi: Kami Menjaga Marwah Organisasi

Kakon Netral di Pilkada, Ketua Apdesi: Kami Menjaga Marwah Organisasi

Ketua Apdesi Tanggamus Mirza Yb serta Sekretaris tegaskan kepala pekon netral di Pilkada tahun ini. Foto Hanibal Batman --

 

 

RADARTANGGAMUS.CO.ID--Asosiasi Pemerintahan Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Tanggamus pastikan seluruh Kepala Pekon Netral dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

Ketua Apdesi Tanggamus Mirza Yb mengatakan bahwa sejauh ini seluruh Kakon si Tanggamus tidak berpihak kepada salah satu calon baik itu Calon Gubernur maupun Calon Bupati Tanggamus.

Namun menurut Mirza, ia juga tidak bisa menutupi isu terkait keberpihakan Kakon kepada salah satu cagub maupun Cabup, dan Apdesi menganggap hal tersebut biasa.

"Karena politik itu tidak jauh dari sistem adu domba, tetapi dapat saya pastikan DPC Apdesi netral pada Pilkada, tidak memihak kepada salah satu calon, dan kami sangat menjaga marwah organisasi ini,"Kata Mirza Yb didampingi Sekretaris Sumadi, ditemui usai pengucapan sumpah janji Pimpinan DPRD, Rabu 16 Agustus 2024.

Langkah tidak memihak diambil oleh Apdesi lanjutnya, ialah selain karena memang ketentuan yang telah ditetapkan.

Tetapi menurutnya yang paling penting ialah agar sinergitas antara Apdesi membawahi seluruh Kakon dengan Bupati terpilih nanti dapat terus berjalan dengan baik.

"Nah terkait dengan indikasi temuan ada kepala pekon yang memihak, saya pastikan hanyalah oknum dan saya tegaskan bahwa kami menjaga marwah organisasi Apdesi, jangan sampai Pilkada justru merusak citra kakon apalagi memecah belah antara kakon satu dengan yang lain,"terangnya.

Disisi lain, Pj. Bupati Tanggamus Mulyadi Irsan mengatakan bahwa netralitas bagi para aparatur sipil negara (ASN).

Telah menjadi keputusan bersama antara Kemendagri, Menpan RB, Bawaslu kaitannya dengan menjaga netralitas ASN.

"Kita harapkan Pilkada baik itu Gubernur dan Bupati di Tanggamus berjalan dengan kondusif, intinya adalah jangan sampai ada pemberitaan yang tidak diinginkan, justru dengan informasi yang baik maka semua akan berjalan dengan kondusif,"tuturnya. 

Sumber: