Peringati HUT Tanggamus, Pemkab Tanggamus Gelar Pangan Balak

Peringati HUT Tanggamus, Pemkab Tanggamus Gelar Pangan Balak

KOTAAGUNG--Pemkab Tanggamus melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) menghelat acara Pangan Balak, yang merupakan salah satu rangkaian memperingati hari ulang tahun (HUT) Ke 26 Kabupaten Tanggamus.

Pangan Balak yang bertempat di Gedung Olahraga Ratu, Pekon Kotaagung Kecamatan, Kotaagung, Senin (20/3) itu diikuti ribuan peserta terdiri dari Forkopimda, organisasi perangkat daerah dan 20 kecamatan serta pekon dan masyarakat.

\"\"

Kegiatan Pangan Balak dibuka resmi oleh Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani,S.E,M.M. Bupati dalam sambutannya menyampaikan, kegiatan Pangan Balak atau Pangan Agung suatu kegiatan yang telah sekian lama tiadakan, lantaran kondisi Pandemi Covid-19 yang melanda seluruh dunia.

\"Syukur Alhamdulillah, pangan balak dapat kita laksanakan kembali, dalam suasana gembira dan sukacita, pangan balak ini merupakan salah satu rangkaian, dari beberapa rangkaian lainnya memperingati HUT ke 26 Kabupaten Tanggamus yang telah berlangsung dengan meriah dan disambut antusiasme masyarakat yang luar biasa,\"kata bupati.

\"\"

Bunda Dewi menjelaskan, rangkaian lain, peringati HUT ke 26 Kabupaten Tanggamus, yang telah dilaksanakan dimulai dari gelaran karnaval budaya, serta Seruling Emas yang dilaksanakan serentak di seluruh kecamatan, pameran pembangunan dan UMKM Tanggamus Expo, rapat paripurna istimewa dalam rangka HUT Tanggamus dan pangan balak.

\"Pangan Balak ini juga merupakan sebuah peristiwa budaya yang sangat unik, yang lebih menekankan
pada arti sebuah kebersamaan hal ini selaras dengan slogan dan motto kabupaten kita yaitu Begawi Jejama yang bermakna bekerja secara bersama-sama,\"ujarnya.

\"\"

Terpisah, Kepala Disparbud Hj. Retno Noviana Damayanti, ST,.MT menambahkan, pangan balak dilakukan dalam rangka melestarikan seni dan budaya serta kearifan lokal dari Kabupaten Tanggamus sebagai warisan budaya tak benda (WBTB)

\"Pangan balak dilakukan bertujuan untuk memperkenalkan adat Kabupaten Tanggamus. Melalui pangan balak kita perlihatkan tata cara bagaimana makan bersama, dan sejatinya setiap peringati HUT Tanggamus kita lakukan, namun beberapa tahun belakangan terkendala covid 19, namun kita patut bersyukur hari ini bisa kita laksanakan kembali,\"tandasnya.

\"\"

Retno juga menyebut,bahwa kegiatan Pangan Balak juga diikuti sejumlah warga negara asing yang sedang menimba ilmu di Universitas Lampung.

\"Ada enam mahasiswa asing Unila yang ikut dalam Pangan Balak mereka adalah,Wilayatshah Himat, Karim Azizi,Abdul Basit Dehqan, Valentine Roudier, Abdul Basit Bashiri dan Alaaddin. Mahasiswa tersebut berasal dari negara Perancis, Yaman, Philipina, Malaysia dan Australia,\"pungkas Retno.

\"\"

Turut hadir dalam acara pangan Balak Wakil Bupati Hi.AM. Syafi\'i,S.Ag, Ketua DPRD Heri Agus Setiawan, S.Sos, Kapolres Tanggamus AKBP Siswara Hadi Chandra, S.IK, Dandim Dandim 0424/Tanggamus Letkol Inf Vicky Heru Harsanto, S.I.P.,M.Si; Sekdakab Tanggamus Drs.Hamid Heriansyah Lubis, Ketua TP PKK, Ketua Dharma Wanita Nuraini Lubis, camat,jajaran Apdesi di setiap kecamatan, MPAL Tanggamus, tokoh adat dan tokoh agama.(ADV)

Sumber: