Belasan Gajah Ngamuk di Blok III, Rusak Tanaman Kopi dan Pisang

Belasan Gajah Ngamuk di Blok III, Rusak Tanaman Kopi dan Pisang

--

BANDARNEGERISEMUONG - Konflik gajah dengan manusia mulai kembali terjadi lagi di Kabupaten Tanggamus. Usai merusak tanaman warga di Kecamatan Semaka, kali ini giliran tanaman warga di Kecamatan Bandar Negeri Semuong (BNS) yang dirusak kawanan gajah.

Kawanan gajah liar itu masuk ke areal perkebunan warga di Blok III, Pekon Gunungdoh, Kecamatan Bandar Negeri Semuong dan merusak sejumlah tanaman seperti kopi, pisang dan lainya.

Herwansyah, warga yang tinggal di Blok III menuturkan, kawanan gajah yang terlihat berjumlah 18 ekor itu sudah dua hari terakhir masuk ke perkebunan warga di Blok III.

"Sudah dari dua hari yang lalu gajah masuk ke perkebunan warga. Sekarang posisi gajah lagi di rawa yang ada di Talang Kali," katanya, Rabu Siang (10/5).

Menurutnya, wilayah Blok III memang menjadi jalur lintas kawanan gajah. Namun kali ini jumlahnya yang paling banyak yakni 18 ekor, sebab biasanya paling banyak hanya 14 ekor.

"Iya, kawanan gajah memang sudah sering lewat sini, tapi biasanya paling banyak 14 ekor," ujar Herwansyah.

Sementara itu, Kepala Pekon Gunungdoh Muzzakir membenarkan laporan adanya gajah yang masuk ke perkebunan warga di Blok III Pekon Gunungdoh.

"Iya benar, sudah dua hari ini gajah tersebut ada di Blok III," terangnya.

Ia mengaku, belum mengetahui secara pasti berapa banyak tanaman warga yang dirusak gajah. Ia juga mengaku akan berkoordinasi dengan Camat serta pihak terkait diantaranya seperti TNBBS dan Polisi Kehutanan, guna mengetahui langkah selanjutnya untuk mencegah gajah masuk ke pemukiman penduduk.

"Saat ini masih kita data berapa tanaman yang dirusak gajah. Kita juga akan koordinasi dulu dengan Pak Camat, TNBBS dan Polhut serta pihak terkait lainya," ungkapnya.

Diketahui, belum lama ini, kawanan gajah juga masuk ke areal perkebunan warga di Kecamatan Semaka yakni di Pekon Sedayu dan Margomulyo.

Kawanan gajah itu diketahui berjumlah 5 ekor. Sejumlah tanaman warga yang dilintasi gajah rusak, diantaranya seperti jagung, pisang dan lainya. Saat ini kawanan gajah tersebut diketahui sudah masuk kembali ke dalam kawasan hutan TNBBS.

Selain gajah, satwa liar seperti beruang juga baru-baru ini masuk ke dekat pemukiman penduduk di Pekon Kacapura Kecamatan Semaka. Beruang itu memakan dan merusak log madu milik warga di pekon setempat. (uji)

Sumber: