Jangan Salah Tangkap! 8 Jenis Pari Ini Dilindungi

Jangan Salah Tangkap! 8 Jenis Pari Ini Dilindungi

Ikan Pari, foto freepik--

Untuk ciri khusus yang membedakan pari gergaji besar dengan pari gergaji jenis lainnya adalah letak sirip atas (punggung) nya yang berada di depan sirip bawah (perut).

Untuk ciri lainnya, memiliki 14 - 14 gigi pada tiap sisi gergaji dan memiliki ekor yang juga bercabang seperti ikan hiu. Panjang sirip dada juga sama dengan lebar tubuhnya. Jenis ikan pari ini panjangnya bisa mencapai 7 meter.

BACA JUGA:Jangan Ketinggalan, Mulai Malam Ini Semua Diskon 50% di Shopee Live

3. Pari Gergaji Kerdil

Tidak memiliki ciri khusus dibandingkan jenis pari lainnya. Hanya saja untuk jenis pari ini, ukuran fisiknya lebih kecil dibandingkan jenis pari lainnya. Yaitu hanya mencapai panjang 3 meter. Untuk ciri fisik lainnya, memiliki 18 - 27 gigi pada tiap sisi gergajinya, ekor yang tidak bercabang serta memiliki sirip dada yang lebih panjang dibandingkan lebar tubuhnya.

 

4. Pari gergaji Hijau

Ciri khusus pari gergaji ini adalah memiliki gigi pada setiap sisinya yang makin mendekati ke ujung, makin rapat. Jumlah gigi ini diperhitungkan mencapai 23 - 27 gigi pada tiap sisinya. Sama dengan pari gergaji kerdil, sirip dadanya juga lebih panjang dibandingkan lebar tubuhnya. Panjang ikan pari gergaji hijau bisa mencapai 6 meter.

5. Pari Kai

Ikan bernama latin Urolophus Kaianus ini juga merupakan biota laut. Berbeda dengan jenis pari gergaji, ikan pari kai memiliki bentuk fisik seperti ikan pari pada umumnya, yaitu berbentuk pipih dan agak bundar. Nama pari kai, merupakan nama lokal. Diambil dari habitas asli spesies ini, yaitu berada di Pulau Kei, Maluku.

Ciri fisik lainnya untuk ikan pari kai adalah, bagian atas tubuh atau punggungnya berwarna coklat kekuningan. memiliki lima pasang celah insang yang cukup pendek. Tidak memiliki sirip punggung. Sirip perutnya pendek dan membulat. Panjang ekornya lebih pendek dibandingkan lebar tubuhnya dan terdapat duri sengat pada bagian tengah ekornya. Jenis pari ini berukuran mencapai panjang total 23,5 cm serta mampu hidup hingga kedalaman 236 meter.

 

6. Pari Sungai Tutul 

Jenis pari sungai tutul merupakan ikan dasar yang hidup di perairan air tawar yang memiliki dasar lunak serta tidak berarus deras. Sampai sekarang, di Indonesia ikan ini hanya ditemui di seputaran sungai Kapuas, Kalimantan. secara fisik, pari jenis ini bertubuh pipih dan oval dengan bagian depan yang lancip.

Punggungnya berwarna coklat muda bercorak seperti bercak bulatan-bulatan hitam. Bagian perut berwarna putih. Bagian tepi tubuh  berwarna kelabu atau kehitaman. ekornya panjang seperti cambuk dengan satu baris duri-duri kecil pada bagian pangkalnya yang lebar.

Sumber: