Limbah Hitam Diduga Aspal Ditemukan di Pesisir Pantai Tanggamus, Lampung

Limbah Hitam Diduga Aspal Ditemukan di Pesisir Pantai Tanggamus, Lampung

Limbah hitam menyerupai aspal ditemukan di pesisir Pantai Waygelang, Tanjung Harapan dan hingga pantai Digul, belum diketahui asal limbah dari mana. Foto Dinas LH Tanggamus --

RADARTANGGAMUS.CO.ID--Limbah hitam yang diduga aspal ditemukan di pesisir pantai Kabupaten Tanggamus. Munculnya Limbah hitam ini sejak Jumat 25 Agustus 2023.

 

Ada tiga titik penemuan Pantai Cimayang, Tanjung Harapan Kecamatan Kota Agung Barat dan ke arah pantai Digul.

 

Menindaklanjuti temuan limbah hitam menyerupai aspal itu, jajaran Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Tanggamus langsung bergerak cepat dengan berkoordinasi dengan DLH Provinsi Lampung, Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Lampung dan Pertamina Hulu Energi (PHE) OSES.

 

Menurut Kepala Dinas LH Tanggamus, Kemas Amin Yusfi, setelah mendapat info adanya limbah, sejumlah pihak turun untuk mengecek dan melakukan pengambilan sampel.

BACA JUGA:Pantai Tercemar Limbah Segera Dibersihkan

Pihak yang turun ke lapangan terdiri dari Dinas LH Provinsi Lampung, Dinas LH Tanggamus,Pos TNI AL Kota Agung, Pos Polairud Kota Agung, Polres Tanggamus dan PHE OSES.

 

Setelah dilakukan survei, pada Minggu 27 Agustus 2023, dilakukan pembersihan limbah tarball di Pantai Cimayang, Tanjung Harapan dan ke arah Digul sepanjang 4 KM oleh Dinas LH, PHE OSES bersama pihak Sekolah Umum Perikanan Menengah (SUPM) utusan dari Pos TNI AL Kota Agung dan Polairud Kota Agung dan masyatakat setempat.

 

"Kegiatan bersih-bersih limbah itu, diikuti kurang lebih 70 orang dan juga dimonitoring olehnDLH Provinsi Lampung dan pihak Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Kemen LHK),"kata Kemas.

BACA JUGA:Soal Temuan Limbah, Polres Ogah Gegabah

Sumber: