Miris! Puluhan Rumah Di Kecamatan Ini Tak Layak Huni

Miris! Puluhan Rumah Di Kecamatan Ini Tak Layak Huni

Sebagian rumah masyarakat di Cukuh Balak tidak layak huni. Foto net--

RADARTANGGAMUS.CO.ID-- Pemukiman masyarakat yang tinggal di pesisir pantai di Kabupaten Tanggamus, Provinsi Lampung sebagian tidak layak huni, bahkan ada yang masuk kategori hampir ambruk. 

Pasalnya, sebagian besar masyarakatnya hanya bekerja sebagai buruh tani dan nelayan yang untuk makan sehari – hari masih kekurangan. 

Meski program bedah rumah baik dari pemerintah maupun donatur terus berlangsung, namun diduga program tersebut tidak tepat sasaran.

Pantauan Radar Tanggamus di Kecamatan Cukuh Balak misalnya, dimana hampir sebagian masyarakatnya tinggal dirumah tidak layak huni. 

Bahkan, tidak jarang ada rumah yang sudah nyaris runtuh. 

Pemilik bukan tidak ingin merehab atau memperbaiki yang rusak tapi dana yang masih menjadi kendala.

"Emang ada progran bedah rumah. Kalau begitu kenapa informasinya tidak sampai di kami. Disini banyak rumah warga yang nyaris rubuh," warga Cukuh Balak Alpian. 

Menurutnya, bukan tidak ingin memperbaiki rumahnya yang tidak layak menjadi layak, akan tetapi kebutuhan sehari-hari saja masih kekurangan.

“Ya mau gimana lagi mas, untuk makan saja susah, boro-boro bangun rumah mewah,” ujarnya. 

Alpian berharap pemerintah dapat membantu masyarakat dengan program bedah rumah, sebab bukan hanya ia tetapi masih banyak warga yang tinggal dirumah tidak layak huni.

"Kami berharap pemerintah dapat membantu dengan program bedah rumah, karena jika kami yang membangun rumah ini seperti sulit akan terwujud. 

Sebab, yang masih diutamakan isi perut masalah tempat tinggal nomor sekian,"jelasnya. 

Warga lainnya, Sukardan mengatakan, sebenarnya masih banyak warga di Cukuh Balak tinggal dirumah gubuk yang terbuat dari papan dan gribik (anyaman bambu). 

Mereka bukan tidak ingin rumahnya dubangun tetapi dana yang menjadi hambatan.

Sumber: butuh bantuan