Tisp Menghilangkan Bau Amis Pada Ikan Laut

Tisp Menghilangkan  Bau Amis Pada Ikan Laut

Cara menghilangkan bau amis pada ikan. Foto net--

Tips menghilangkan bau amis terhadap ikan melalui jeruk nipis, caranya Rendam ikan ke dalam jeruk nipis yang sudah di potong selama 20 sampai 30 menit. Setelah itu bilas ikan dengan air yang mengalir, setelah bersih kemudian baru di masak seperti biasanya.

2. Selanjutnya menggunakan garam

Menggunakan garam salah satu metode menghilangkan bau amis pada ikan yang sudah dilakukan sejak lama, namun tidak bisa dijelaskan secara ilmiah. 

Menurunnya aktivitas air ini membuat bakteri yang menempel pada ikan mengalami dehidrasi sehingga bisa membuat kematian atau pertumbuhannya terhambat. 

Cara kerja ini bisa mengurangi bau tak sedap pada ikan akibat proses pembusukan. Pemberian garam pun bisa dijadikan sebagai pengawet makanan alami.

3. Rendam ke dalam susu hewani

Merendam ikan melalui susu hewani mungkin terdengar mustahil, karena susu juga memiliki bau amis. Akan tetapi perlu anda ketahui menghilangkan bau amis menggunakan bisa dijelaskan secara ilmiah pula.

Pasalnya, susu hewani memiliki protein bernama kasein. Setelah itu kasein akan mengikat TMA dan menariknya dari ikan. Caranya gampang cukup rendam ikan ke dalam susu hewani 20 menit setelah itu keringkan. 

4, menggunakan rempah-rempah  

rempah-rempah selain meningkatkan citarasa pada makanan juga berguna untuk menutupi bau yang tidak sedap. Fungsi yang satu ini bisa didapat dengan empat cara yakni, merubah senyawa agar bau ami tidak mudah menguap, 

kemudian menyerap zat penyebab bau tak sedap, lalu memperkuat rasa makanan sehingga menutup bau tak enak dam memunculkan aroma baru atau menghilangkan amis dari reaksi antara zat penyebab amis ikan dan senyawa rempah-rempah.

Ada jenis rempah-rempah yang umum ditambahkan pada ikan adalah jahe dan bawang putih. 

Kedua bahan ini bisa mengurangi bau amis dengan cara meningkatkan rasa dan menetralkan bau amis ikan.

 

Ketika jahe ditambahkan pada ikan, ada senyawa bernama terpenoid pun meningkat. 

Sumber: kayak nutrisi