Tingkatkan Minat Baca, Pertama Kalinya Pemkab Pringsewu Gelar Pemilihan Duta Baca

Tingkatkan Minat Baca, Pertama Kalinya Pemkab Pringsewu Gelar Pemilihan Duta Baca

Dinas Perpustakaan dan Arsip kabupaten Pringsewu Menggelar Pemilihan Duta Baca. Foto ist--

PRINGSEWU,RADARTANGGAMUS.DISWAY.ID - Untuk pertama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) PRINGSEWU melalui Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPA) menggelar Pemilihan Duta Baca Tingkat Kabupaten tahun 2023 yang bertempat di hotel Regency Gadingrejo, Selasa (5/9).

Pemilihan Duta Baca Kabupaten Pringsewu dengan mengusung tema Menjadi Pemuda Literat dalam Membangun Masyarakat Berpengetahuan dan Berdaya Menuju Pringsewu Bermartabat yang peserta mengikuti berjumlah 21 orang terdiri Putra dan Putri berusia 16 sampai 20 tahun dari perwakilan setiap kecamatan di Pringsewu. 

 

Pemilihan Duta baca dengan menghadiri tiga orang dewan juri penilai langsung dari Bunda Literasi Kabupaten Pringsewu, Rusdiana Adi. Sedangkan 2 orang dewan juri lainnya dari pengiat literasi dan Akademisi. 

 

Asisten Administrasi Umum Setdakab Pringsewu, Hasan Basri mewakili Penjabat Bupati, Adi Erlansyah dalam sambutan membuka mengatakan Pemilihan Duta Baca Kabupaten Pringsewu tahun 2023.

Ini merupakan salah satu ajang untuk memilih putra-putri di Kabupaten Pringsewu yang terbaik yang nantinya akan mengemban tugas untuk memperkaya khasanah pengembangan bahasa di Kabupaten Pringsewu.

 

"Saya yakin dengan dilaksanakannya Pemilihan Duta Baca Daerah ini, akan dapat memacu pengembangan budaya membaca di masyarakat agar terbentuk sumber daya manusia yang berkualitas, handal dan professional, "harapnya.

 

Menurut Hasan, bahwa untuk dipahami bersama Perpustakaan adalah sebagai wahana belajar sepanjang hayat untuk mengembangkan potensi masyarakat dengan menumbuhkan budaya gemar membaca dan gemar belajar dalam rangka meningkatkan kecerdasan kehidupan bangsa, memajukan kebudayaan nasional, serta melestarikan kekayaan budaya bangsa. 

Selain itu perpustakaan juga berfungsi sebagai wahana pendidikan, penelitian, pelestarian, informasi dan rekreasi guna meningkatkan kecerdasan dan keberdayaan masyarakat. 

"Oleh karena itu perlu upaya-upaya pengembangan dan pendaya gunaan perpustakaan sebagai sumber informasi dan edukasi bagi masyarakat, khususnya di Bumi Jejama Secancanan Kabupaten Pringsewu, "kata dia. 

 

Sumber: