Apa Tujuan dan Manfaat Jalan Tol Trans Sumatera Dibangun, Ini Jawabannya

Apa Tujuan dan Manfaat Jalan Tol Trans Sumatera Dibangun, Ini Jawabannya

6 manfaat jalan trans sumatera dibangun oleh pemerintah pusat. Salah satunya ialah untuk mendukung perekonomian masyarakat serta mobilitas di wilayah Sumatera. foto Hutama Karya--

Lantaran sebagai pulau terluas sudah barang tentu koneksi antar wilayah dan daerah diperlukan serta membuka akses bagi daerah yang masih terisolir. 

Sesuai denga Sila Ke 5. Yakni keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia yang artinya seluruh rakyat Indonesia harus mendapatkan perlakuan yang adil, dan tidak dibeda-bedakan dalam berbagai hal. Termasuk infrastruktur.

Terlebih jika JTTS ini selesai dibangun maka, perekonomian masyarakat di seluruh provinsi pulau Sumatera akan meningkat, dimana salah satu kunci keberhasilan itu ialah didukung dengan transportasi jalan yang baik.

2. Mereduksi Kemacetan

Kendati kemacetan di Pulau Sumatera, tidak separah Jawa. Namun persoalan macet juga menjadi persoalan serius di semua kota di pulau ini. 

Sehingga diharapkan dengan dibangunnya JTTS ini akan mampu mereduksi kemacetan sebelum nantinya kedepan persoalan itu akan sangat sulit untuk diatasi. 

3. Meningkatkan pelayanan distribusi barang dan jasa guna 

JTTS juga memiliki kaitan yang sangat erat dengan meningkatnya distribusi barang dan jasa kesejumlah daerah tidak hanya di pulau Sumatera saja, tetapi di daerah lainnya.

Diketahui berbagai jenis barang dan jasa dihasilkan dari daerah di Sumatera. Tentu dengan terbukanya koneksi maka pelayanan distribusi barang maupun jasa tersebut akan semakin lancar.

4. Meringankan beban dana Pemerintah melalui partisipasi pengguna jalan.

Poin ini juga menjadi alasan mendasar pembangunan JTTS dilakukan. Diketahui arus moda transportasi antar provinsi di Pulau Sumatera kian pesat. 

Dengan dibangunnya JTTS ini diharapkan partisipasi pengguna jalan ikut andil untuk meringankan beban dana pemerintah saat ini.

Tentunya, para pengguna jalan juga merasakan manfaat dengan dibangunnya JTTS tersebut. 

5. Meningkatkan Investor dan Pariwisata

JTTS ini juga mampu menjadi tonggak pendukung majunya sejumlah destinasi wisata di wilayah Sumatera. 

Sumber: