Lampung Memiliki Potensi Bencana Sangat Besar. Tercatat Urutan Nomor 14 Di Indonesia.

Lampung Memiliki Potensi Bencana Sangat Besar. Tercatat Urutan Nomor 14 Di Indonesia.

Lampung memiliki potensi bencana sangat besar. Foto net--

 

RADARTANGGAMUS.CO.ID--Provinsi Lampung salah satu Provinsi yang ada di Pulau Sumatera. Provinsi ini tercatat urutan nomor 14 yang memiliki potensi bencana di Indonesia. 

Dari 14 kabupaten/kota yang ada di Lampung, terdapat beberapa kabupaten yang memiliki potensi banjir dan longsor. 

Tercatat ada 9 kabupaten yang berpotensi bencana banjir, dan 12 daerag rawan terjadi bencana banjir

Namun demikian, pemerintah provinsi lampung selalu siap siaga jika sewaktu-waktu terjadi bencana tersebut.

Bahkan setiap kabupaten sudah terbentuk tagana penanganan ketika datang bencana. 

Nah, untuk diketahui ke 9 daerah yang rawan banjir itu yakni, Kabupaten Pesisir Barat, Kabupaten Lampung Barat, Kabupaten Lampung Tengah, Kabupaten Lampung Utara, 

Kabupaten Pesawaran, Kabupaten Pringsewu, Kabupaten Tanggamus, Kabupaten Waykanan, dan Kota Bandarlampung.

Tidak hanya itu menurut data resmi dari Pemerintah Lampung. Provinsi ini tidak hanya rawan akan bencana banjir melainkan bencana longsor.

Dimana saja daerah rawan longsor tersebut yakni, Kabupaten Pesisir Barat, Kabupaten Lampung Barat, Kabupatsn Lampung Selatan, Kabupaten Lampung Tengah, 

Lampung, Kabupaten Lampung Utara, Kabupaten Pringsewu, Kabupaten Pesawaran, Kabupaten Tanggamus, Kabupaten Waykanan, Kota Metro, dan Bandarlampung.

Tentunya dengan memperhatikan data prakiraan potensi bencana itu langkah kesiapsiagaan terus dilakukan, salah satunya dengan menjalin komunikasi dan koordinasi dengan satuan yang ada di daerah.

Selain itu penyebab lain terjadinya bencana tersebut, diduga adanya risiko kejadian bencana akibat kurangnya kesadaran warga.

Salah satunya menjaga lingkungan seperti banjir akibat pembuangan sampah rumah tangga ke sungai serta kebakaran hutan dan lahan akibat penebangan pohon ilegal dan pencurian kayu.

Sumber: