Kaesang jadi Ketua Umum PSI, Pakar Politik UGM: Partai Menengah harus Hati-hati

Senin 02-10-2023,09:23 WIB
Reporter : Ibrahim Umar
Editor : Uji Mashudi

RADARTANGGAMUS.CO.ID - Ditetapkannya, Kaesang Pangarep menjadi Ketua Umun Partai Solidaritas Indonesia (PSI) disebut-sebut bakal memberikan angin segar bagi para pemuda untuk termotivasi menjadi politisi.

 

Pakar Komunikasi Politik Universitas Gadjah Mada (UGM), Nyarwi Ahmad, Ph.D menyebut dengan bergabungnya Kaesang di PSI, membuat partai ini berpeluang mendapat manfaat jaringan keluarga besar Presiden Joko Widodo.

 

"Kini jaringan politik Jokowi menjadi lebih lebar, tidak hanya di PDI Perjuangan, tapi ada juga di PSI, dan prospek partainya cukup potensial," ujarnya, Minggu, 1 Oktober 2023.

 

Kaesang menjadi Ketua Umum PSI, dapat dipastikan partai tersebut mendapatkan brand ambassador yang potensial untuk berlaga dalam pemilihan legislatif (Pileg) pada Pemilu 2024 mendatang.

 

Nyarwi bahkan mengingatkan, dengan bergabungnya Kaesang di PSI, partai-partai yang berada diambang batas parlemen, meskipun sudah mapan, harus waspada dengan keberadaan PSI saat ini.

 

"Sebab partai ini (PSI) bisa menjadi kompetitor yang cukup tangguh di Pileg 2024 mendatang," katanya.

 

Nyarwi juga mengajak semua pihak untuk melihat, sejauh mana putra bungsu Jokowi ini bisa menjadi magnet untuk para pemilih, khususnya para pemuda.

 

"Sejauh mana bisa ada diskursus pilegnya. Yang pasti, partai menengah harus hati-hati dengan PSI," pungkasnya. (*)

Kategori :