Farel Sudah Ditangani Dinkes Sejak 2022

Senin 31-07-2023,06:15 WIB
Reporter : Idho
Editor : Admin

KALIANDA, RADARTANGGAMUS.CO.ID – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Lampung Selatan memastikan telah menangani Farel Rizkia Putra (13),

bocah penderita kanker tulang warga Dusun Kenjuru, Desa Merak Belantung, Kecamatan Kalianda sejak tahun 2022, lalu.

Anak ketiga dari pasangan Mukmin (46) dan Meita (43) divonis menderita kanker tulang dan butuh uluran tangan. Saat ini, kondisi bocah tersebut hanya bisa terbaring lemas di tempat tidur.

Kepala Dinkes Lamsel, Devi Arminanto, SKM, MM mengungkapkan, pihaknya bersama instansi terkait lainnya telah menanggani kasus bocah penderita kanker tulang dengan penanganan medis melalui tenaga kesehatan (nakes) di tempat Farel tinggal.

BACA JUGA:Nanang Fokus Urus Lamsel, Tak Kenal Siapa Bintang!

“Sebelum viral, pasien (Farel) sudah kontak dengan nakes Bidan Desa pada bulan Desember tahun 2022 lalu,” kata Devi Arminanto dalam keterangnnya, Sabtu (29/7/2023).

Lebih lanjut Devi Arminanto menyampaikan, pihaknya juga telah melakukan intervensi kepada keluarga Farel, agar pasien bisa mendapatkan pelayanan kesehatan yang lebih baik.

Dari saran tenaga kesehatan, Farel kemudian dibawa ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Hasilnya Farel di diagnosa terkena penyakit kanker tulang.

“Nakes juga sudah memberikan pelayanan kesehatan di kediaman Farel. Dari saran dokter, dianjurkan untuk tindakan lanjut yaitu amputasi.

Namun pasien dan keluarga menolak dan lebih memilih untuk berobat alternatif,” lanjutnya.

Dia menambahkan, pada bulan Februari 2023, nakes kembali berkunjung ke kediaman Farel dan memberikan pelayanan kesehatan seperti biasanya.

Pada saat itu, pihaknya kembali memberi saran agar membawa pasien berobat ke rumah sakit untuk mendapatkan pelayanan kesehatan. 

Tetapi keluarga pasien tetap menolak dan lebih memilih berobat alternatif ke wilayah Gading Rejo, Pringsewu.

"Bulan April 2023, nakes kembali melakukan kunjungan ke rumah pasien. Kami tetap menyarankan untuk membawa pasien ke rumah sakit,” imbuhnya.

Tidak berhenti sampai disitu, pada bulan Mei 2023, nakes melakukan kunjungan lagi ke kediaman pasien untuk memberikan pelayanan kesehatan sembari memberikan saran agar pasien tersebut mau dibawa ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan.

Kategori :