Gubernur Lampung Arinal Djunaidi Ajak Pemda dan Komponen Masyarakat Bersinergi Atasi Dampak El Nino

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi Ajak Pemda dan Komponen Masyarakat Bersinergi Atasi Dampak El Nino

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi memberikan pengarahan saat kunjungan silahturahmi ke Kabupaten Tanggamus, Rabu 13 September 2023. Foto Diskominfotik Lampung--

RADARTANGGAMUS.CO.ID--Gubernur Lampung Arinal Djunaidi mengajak seluruh komponen masyarakat dan jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanggamus untuk bersinergi dalam menyusun rencana pembangunan dan mengantisipasi dampak El Nino.

 

 

Hal itu disampaikan gubernur saat bersilaturahmi dengan masyarakat dan jajaran Forkopimda Kabupaten Tanggamus, pejabat struktural/fungsional, kepala pekon, dan tokoh masyarakat di Kabupaten Tanggamus, di Aula Pertamina Geothermal Energy (PGE) Area Ulubelu Kabupaten Tanggamus, Rabu 13 September 2023.

 

 

Menurut Arinal, Kabupaten Tanggamus mempunyai potensi yang besar dari sektor tanaman pangan dan hortikultura, perikanan, peternakan dan pariwisata.

 

 

Gubernur berharap potensi yang dimiliki Kabupaten Tanggamus itu bisa  berkontribusi terhadap peningkatan ekonomi melalui adanya program hilirisasi untuk meningkatkan  kesejahteraan bagi para petani. 

 

BACA JUGA:Pemkab Tanggamus, Lampung Bangun Infrastruktur Jalan, Ini Titik Jalan Yang Dibangun Tahun 2023

 

Orang nomor satu di jajaran Pemprov Lampung itu juga menyinggung mengenai cuaca buruk yang diakibatkan oleh dampak El Nino yang mendorong pemerintah untuk bekerja ekstra dalam membantu keberlangsungan kehidupan masyarakat, khususnya petani.

 

Gubernur Arinal menjelaskan, bahwa untuk melakukan antisipasi dampak el-Nino, perlu adanya langkah-langkah seperti melakukan percepatan tanam, melaksanakan Gernas Padi. 

 

Lalu memastikan kesiapan sarana produksi pertanian (Saprodi), alat sistem pertanian (Alsintan),sarana pengendalian organisme pengganggu tumbuhan (OPT),penanganan dampak perubahan iklim (DPI) dan penanganan panen serta pasar. 

 

Gubernur Arinal menginstruksikan upaya pengoptimalan lahan tadah hujan untuk percepatan pertanaman padi pada daerah yang curah hujannya masih cukup tinggi, serta pemanfaatan benih genjah yang toleran terhadap kekeringan dan tahan terhadap hama dan penyakit tanaman. 

 

Gubernur memberikan instruksi optimalisasi lahan tadah hujan untuk mempercepat penanaman padi di daerah yang curah hujannya masih cukup tinggi serta menggunakan benih genjah yang tahan kekeringan dan tahan hama tanaman. 

 

Gubernur Arinal juga meminta optimalisasi penggunaan sumur pompa, sumur suntik,embung dan biopori untuk mendukung ketersediaan air dan meningkatkan jumlah  petani peserta Asuransi Usaha Tani Padi (AUTP).

 

Terakhir,  upaya dilakukan untuk meningkatkan koordinasi intensif dengan berbagai sektor yang terlibat di sektor irigasi untuk memperbaiki drainase, mengoptimalkan infrastruktur, dan menyiapkan pompa air.

 

Dalam kesempatan ini, gubernur juga berpesan kepada segenap jajaran Pemkab Tanggamus Tanggamus,camat dan kakon di Kabupaten Tanggamus untuk saling bahu membahu menghadapi El Nino.

 

 "Menghadapi perubahan cuaca yang sedang terjadi, saya berharap agar hasil pertanian seperti padi untuk tidak seluruhnya dikeluarkan, hal tersebut sebagai langkah antisipasi apabila terjadi krisis,"kata gubernur.

 

Gubernur juga berharap masing-masing daerah dapat bersinergi membantu daerah lain yang terdampak El Nino.

 

Sementara itu, Bupati Tanggamus,Hj Dewi Handajani dalam sambutannya mengucapkan selamat datang kepada Gubernur Lampung Arinal Djunaidi yang telah berkunjung ke Kabupaten Tanggamus.

 

"Terimakasih telah meluangkan waktunya untuk dapat bersilaturahmi dengan Pemkab Tanggamus, beserta camat, kepala pekon dan masyarakat,"kata Dewi Handajani.

 

Dewi Handajani menyatakan  bahwa masyarakat Kabupaten Tanggamus sangat berterimakasih atas perhatian yang diberikan Pemprov Lampung, terutama terkait perbaikan beberapa ruas jalan. Ini memberikan manfaat yang signifikan terhadap arus transportasi dan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat 

 

"Hal ini terwujud atas sinergi baik yang dilakukan Pemerintah Provinsi serta Pemerintah Kabupaten sehingga perbaikan beberapa ruas jalan yang ada di Kabupaten Tanggamus dapat terwujud," ujar Dewi.(*)

 

Sumber: