11 Manfaat Daun Pepaya Jepang Untuk Kesehatan Atasi Berbagai Penyakit, Salah Satunya Penyakit Tifus

11 Manfaat Daun Pepaya Jepang Untuk Kesehatan Atasi Berbagai Penyakit, Salah Satunya Penyakit Tifus

Foto Ilustrasi net/Lazada--

RADARTANGGAMUS.CO.ID--Daun pepaya jepang adalah salah satu sayuran yang banyak manfaat yang dapat mempengaruhi kesehatan tubuh. Daun ini memiliki beragam kandungan sehat dan mempunyai fungsi atau manfaatnya masing-masing.

 

Namun, terlepas dari segala manfaat dan kandungan nutrisinya, mengkonsumsi daun pepaya jepang tetap harus dibatasi serta harus diperhatikan cara konsumsinya untuk menghindari sejumlah efek buruk yang tidak diinginkan.

 

Manfaat dari daun pepaya jepang ini  mungkin sebagian orang belum bnyak  di ketahui oleh banyak orang.

 

Bahkan, nama daun pepaya jepang ini juga mungkin belum begitu populer di telinga masyarakat. Namun, ternyata manfaat di dalamnya tidak main-main.

 

BACA JUGA:5 Khasiat Air Rebusan Daun Sirsak Bagi Kesehatan Tubuh

 

Bukannya berasal dari jepang, daun pepaya jepang ini ternyata adalah  tanaman perdu yang berasal dari semenanjung yukatan, salah satu daerah meksiko, amerika tengah. 

 

Di negara asalnya, daun pepaya jepang ini sering dikenal dengan sebutan chaya. 

 

Masyarakat indonesia menyebut daun ini sebagai daun pepaya karena bentuk serta tekstur daunnya yang mirip dengan daun pepaya. 

 

Bahkan untuk mengolahnya daun chaya juga sama persis dengan daun pepaya. Namun, perbedaannya dengan daun pepaya pada umumnya adalah rasanya yang tidak begitu pahit.

 

BACA JUGA:10 Manfaat Bunga Tapak Dara untuk Kesehatan Salah Satunya Obat Anti Kanker Hingga Mencegah Kolestrol Tinggi

 

Untuk mengetahui apa saja manfaat dari dau pepaya jepang ini yuk mari kita simak:

 

1. Mencegah kanker

 

manfaat daun pepaya jepang dipercaya juga sangat ampuh untuk menekan timbulnya risiko penyakit kanker.

 

Daun pepaya jepang ini dapat membantu tubuh jadi lebih kuat, terutama pada bagian sel yang sangat rentan terhadap penyakit kanker.

 

Tetapi, yang perlu anda diingat ialah manfaat  dari daun pepaya jepang ini hanya sebagai tindak pencegahan, saja bukan sebagai langkah pengobatan.

 

BACA JUGA:13 Manfaat dan Khasiat Daun Sintrong Untuk Kesehatan, Salah Satunya Untuk Atasi Maag

 

2. Menjaga kesehatan pencernaan

 

Manfaat daun pepaya jepang sangat baik dalam menjaga kesehatan pencernaan. Daun pepaua jepang ini akan membuat usus jadi lebih bersih sehingga akan membuat organ pencernaan bisa berfungsi lebih baik dibandingkan sebelumnya. 

 

Hal tersebut tentu tidak lepas dari serat daun pepaya jepang yang sangat tinggi sehingga turut mencegah timbulnya risiko sembelit.

 

3. Mengatsi peradangan

 

Peradangan atau inflamasi merupakn respon alami tubuh untum melindungi dari infeksi mikroorganisme, seperti bakteri, jamur, atau virus.

 

Berdasar hasil penelitan membenarkan bahwa pemberian ekstrak etanol dari daun pepaya jepang ini memicu efek anti-inflamasi yang dapat menurunkan volume edema telapak kaki tikus yang diberi dosis 400 mg/kgbb.

 

BACA JUGA:6 Khasiat Luar Biasa Daun Selasih yang Jarang Diketahui,Salah Satunya Dapat Menjaga Kesehatan Jantung

 

4. Menjaga kesehatan reproduksi

 

manfaat daun pepaya jepang juga sangat baik kalau dikonsumsi oleh pria atau wanita. Sebab daun pepaya jepang sangat baik dalam menjaga kesehatan sistem reproduksi. 

 

Hal tersebut tidak lain karena kandungan vitamin a dalam daun pepaya jepang ini  yang dipercaya dapat meningkatkan produksi sel sperma, serta berperan penting dalam perkembangan janin.

 

5. Obat tifus

 

Manfaat daun pepaya jepang akan lebih efektif dalam mengobati tifus. Kandungan alami di dalam daun pepaya jepang ini  dapat mengobati penyakit tifus karena bakteri yang mengendap di dalam pencernaan.

 

6. Cegah anemia 

 

daun pepaya jepang juga sangat ampuh untuk mencegah anemia. Daun tersebut dapat membantu tubuh  produksi sel darah merah sehingga tidak akan membuat tubuh mudah terserang penyakit anemia.

 

BACA JUGA:Tips Menjaga Kesehatan Dari Paparan Polisi Udara

 

7. Membantu pemulihan demam berdarah

 

Penyakit demam berdarah yang disebabkan oleh nyamuk. Sangat di diperlukan perawatan intensif agar keadaan tidak semakin memburuk. 

 

Untuk membantu proses pemulihan, disaranka anda dapat mengonsumsi daun pepaya jepang agar kondisi tubuh dapat sembuh lebih cepat.

 

8. Atasi nyeri haid 

 

Nyeri haid yang sering menyerang di hari pertama siklus haid terjadi, rasa nyeri tersebut tentu sangat mengganggu jika tidak segera  diobati dengan tepat.

 

Sebelum anda konsumsi obat kimia, ada baiknya mencoba manfaat daun pepaya jepang sebagai obat pereda nyeri haid.

 

BACA JUGA:8 Manfaat Daun Melinjo Untuk Kesehatan Yang jarang Diketahui

 

9. Jaga imun tubuh

 

Manfaat daun pepaya jepang juga sangat berguna  berguna untuk menjaga sistem kekebalan atau imun tubuh.

 

Daun pepaya jepang sangat ampuh dalam meningkatkan sistem imun tubuh sehingga tubuh akan jadi lebih kebal dari berbagai serangan penyakit.

 

10. Jaga kesehatan mata 

 

Manfaat daun pepaya jepang berasal dari dari kandungan vitamin a di dalamnya. Dari setiap 100 gram daun pepaya jepang ini  mengandung sekitar 1.357 iu vitamin a yang baik dalam mencukupi kebutuhan harian tubuh.

 

Dengan mengonsumsi vitamin a secara teratur dipercya dapat membantu untuk jaga kesehatan mata, juga dapat mencegah penyakit mata seperti degenerasi makula yang umum terjadi pada orang usia lanjut.

 

11. Atasi jerawat

 

manfaat daun pepaya jepang yang terakhir, ialah mampu untuk mencegah serta mengatasi jerawat. 

 

Kandungan vitamin a dan c dalam daun pepaya jepang, sangat  berpotensi membuat kulit terhindar dari jerawat.

 

Namun, meski manfaat daun pepaya jepang untuk kesehatan sangat beragam, anda perlu menjaga jumlah asupannya. Selain itu, proses pengolahan juga sangat perlu diperhatikan. 

 

Pasalnya daun pepaya jepang ini lebih aman kalau dimasak dahulu selama 5-15 menit. 

 

Tujuannya untuk mengeluarkan senyawa berbahaya, sianogen glikosida atau cyanogen glycoside bisa melepaskan racun hidrogen sianida atau dikenal dengan hcn. (*)

Sumber: