Misteri Danau Rakihan, Konon Dihuni Oleh Sepasang Naga Emas

Misteri Danau Rakihan, Konon Dihuni Oleh Sepasang Naga Emas

Danau rakihan konon di huni oleh sosok naga emas. Foto net--

"Sebab mssyarakat disana sangat menghormatinya Jadi kalau tidak diganggu, ya tidak akan mengganggu. Kadang bila naga itu menampakkan diri, bentuknya hanya kecil seperti ular tapi berkaki," kata warga lainnya Irham.

Irham menjelaskan, ada yang unik di sekitar danau itu  tepatnya di Desa Pematang Danau, Kecamatan Sindang Danau. Pasalnya, ada bukit yang persis menyerupai tubuh gajah, namanya Bukit Gajah. 

Di sekitar Danau Rakihan dan dekat Bukit Gajah ini, saat ini banyak ditanam Kayu Manis oleh masyarakat sekitar. Kayu manis tersebut adalah bahan untuk rempah-rempah dan balsem.

“Bukan hanya tanaman Kayu Manis, tapi disekitar danau juga terdapat tanaman kopi bahkan sawah milik warga sekitar. Bukan hanya itu ada juga yang sudah mulai menanam karet,”terangnya.

Di Desa Ulu Danau, Ibukota Kecamatan Sindang Danau, juga ada pesantren cukup luas milik keluarga almarhum Ali Marwan Hanan, Mantan Menteri Koperasi dan UKM RI.

“Santri yang menuntut ilmu di pesantren milik Mantan Menteri Koperasi ini, datang dari berbagai daerah di baik dari Sumsel, Bengkulu, bahkan dari Lampung,”jelasnya.

Danau Rakihan mempunyai panorama yang indah terutama di lekukan atas perbukitan, jika bersantai disana akan terasa sejuk dengan hembusan angin danau.

Airnya danau juga begitu tenang dengan warna kehijauan, nikmat rasanya berkayuh perahu dari bambu dan kayu di atasnya. (*)

Sumber: