Pelajar SMAN 1 Kota Agung Tampilkan Seni Tari di Pekan Raya Lampung 2023

Pelajar SMAN 1 Kota Agung Tampilkan Seni Tari di Pekan Raya Lampung 2023

Kepala SMAN 1 Kota Agung Ratna Uli bersama para siswa-siswi SMAN 1 Kota Agung yang menari di ajang Pekan Raya Lampung (PRL) 2023. Foto Ist--

RADARTANGGAMUS.CO.ID--Pelajar Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Kota Agung, Tanggamus Lampung ikut ambil bagian dalam memeriahkan Pekan Raya Lampung (PRL) yang berlangsung di Pusat Kegiatan Olahraga (PKOR) Way Halim Bandar Lampung, Jumat 6 Oktober 2023.

 

Tampilan yang disuguhkan pelajar SMAN 1 Kota Agung adalah seni tari dari Sanggar Artcom Debingi di bawah asuhan Kepala SMAN 1 Kota Agung, Ratna Uli

 

Kepala SMAN 1 Kota Agung, Ratna Uli mengatakan, pelajar SMAN 1 Kota Agung tersebut menampilkan tarian Khaja Baniting dan beberapa lagu lagu daerah Lampung.

 

Menurut Ratna Uli, Tari Khaja Baniting menceritakan tentang keperkasaan seorang raja di Kabupaten Tanggamus.

BACA JUGA:Melihat Dusun Sailing Sumbermulyo Tanggamus Rumah Bagi Pengrajin Tapis Lampung

Raja tersebut dikenal sakti sebab dapat berubah wujud menjadi seekor harimau. Akan tetapi banyaknya harimau, membuat Khaja Baniting memberi tanda sebagai ciri khasnya yaitu dengan ikat pinggang berwarna putih.

 

Wo Uli, sapaan Akrabnya menjelaskan, ada 17 pelajar SMAN 1 Kota Agung yang berperan dalam pertunjukan seni tari terdiri dari tiga siswi perempuan dan dua siswa laki-laki, kemudian untuk pemain musiknya ada 12 orang.

 

Ratna Uli mengatakan bahwa, kesenian tari yang merupakan ekstra kulikuler di SMAN 1 Kota Agung merupakan bentuk kepedulian terhadap kelestarian adat budaya Lampung khususnya Kabupaten Tanggamus.

 

Sumber: