Inilah 4 Kabupaten Termiskin di Provinsi Lampung. Nomor Duanya Serasa Tidak Percaya

Inilah 4 Kabupaten Termiskin di Provinsi Lampung. Nomor Duanya Serasa Tidak Percaya

Inilah 4 labupaten termiskin di Lampung. Foto net--

 

RADARTANGGAMUS.CO.ID-- Provinsi Lampung merupakan salah satu wilayah yang ada di Pulau Sumatera, ibu kota Lampung adalah Bandar Lampung.

Secara administratif Lampung memiliki  13 kabupaten dan 2 kota dengan wilayah sekitar 33.575,41 km². Penopang utama perekonomian masyarakat Lampung adalah perkebunan.

Ada beberapa sektor bidang perkebunan yang menyumbang nilai tinggi yakni lada hitam, kopi robusta, karet, kakao, kelapa sawit dan tebu.

Meski kaya akan sektor perkebunan, ternyata ada empat kabupaten yang masuk dalam katagori termiskin di Lampung. Hal ini dilihat dari produk domestik regional bruto atau PDRB per kapita terendah.

Salah satu kabupaten termiskin di Lampung adalah Kabupaten Tanggamus. Hal ini karena nilai PDRB per kapitanya lebih rendah dibandingkan kabupaten lainnya.

Sekedar mengingatkan bahwa PDRB per kapita bisa menjadi patokan dalam mengukur kemajuan ekonomi suatu wilayah.

PDRB per kapita yakni PDRB suatu daerah dibagi dengan jumlah penduduk yang tinggal di suatu wilayah tersebut.

Meski demikian, Tanggamus belum menempati urutan pertama sebagai kabupaten termiskin di Lampung.

Nah, Inilah 4 kabupaten termiskin di Lampung menurut PDRB per kapita terendah pada tahun 2022

1. kabupaten Lampung Barat

Kabupaten Lampung Barat meraih urutan pertama sebagai kabupaten termiskin di Lampung.

Tercatat, PDRB per kapita yang diperoleh Lampung Barat hanya mencapai Rp27.297.000.

Hal ini berdasarkan data empat kabupaten termiskin berdasarkan PDRB per kapita terendah tahun 2022 lalu.

2. Kabupten Tanggamus

Peringkat kedua sebagai kabupaten termiskin di peroleh Kabupaten Tanggamus, dengan PDRB per kapita yang hanya mencapai Rp27.759.000. Sedangkan kabupaten ini masuk dalam kabupaten yang berumur dewasa, namun per kapita tahun 2022 rendah

3. Kabupaten Pringsewu

Menurut data, bahwa produk domestik regional bruto atau PDRB per kapita yang diperoleh Kabupaten Pringsewu hanya mencapai Rp31.469.000. Hal ini menyebabkan kabupaten hasil pemekaran dari Tanggamus ini masuk dalam katagori termiskin nomor tiga di lampung.

4. Pesisir Barat

Selanjutnya Kabupaten Pesisir Barat yang menduduki urutan keempat sebagai kabupaten termiskin di Provinsi Lampung dengan PDRB per kapita senilai Rp32.457.000.

Padahal Kabupaten termuda di lampung ini hasil pemekaran dari lampung barat itu hanya mengandalkan bidang sektor pariwisata dan perkebunan.

Itulah empat kabupaten termiskin di Lampung yang perkapitanya tercatat pada tahun 2022 lalu, namun untuk tahun ini belum tersimpulkan. (*)

Sumber: