Besok Pagi Baznas Kota Yogyakarta Menggelar Shalat Minta Hujan di Lapangan Balaikota

Besok Pagi Baznas Kota Yogyakarta Menggelar Shalat Minta Hujan di Lapangan Balaikota

Baznas Kota Yogyakarta akan menggelar salat minta hujan besok, 28 Oktober 2023 di Lapangan Balaikota. Foto Ilustrasi/Net--

RADARTANGGAMUS.CO.ID - Dirasa beberapa daerah di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) masih mengalami kemarau berkepanjangan, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Yogyakarta bakal menggelar shalat Istisqa atau meminta hujan, pada Sabtu, 27 Oktober 2023 di Lapangan Balaikota Yogyakarta.

"Shalat minta hujan digelar karena kemarau berkepanjangan masih melanda beberapa daerah di DIY," ujar Sekretaris Baznas Kota Yogyakarta, Misbahrudin, Jumat, 26 Oktober 2023.

Akibat dari kemaru berkepanjangan itu, lanjut Misbahrudin, disejumlah titik terdampak kekeringan serta kesulitan mengakses air bersih.

Dijelaskan Misbahrudin, shalat Istisqa akan dilaksanakan bersama Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta dan warga tanpa kecuali.

"Shalat akan dimulai pukul 07.00 WIB, pelaksanaannya hampir sama dengan shalar Ied. Shalat dua rakaat, dilanjutkan khotbah," kata Misbahrudin.

Shalat Istisqa ini digelar sebagai ikhtiar kebatinan untuk memohon kepada Allah SWT, agar bisa segera diturunkan hujan, guna meringankan beban masyarakat yang terdampak kekeringan.

"Shalat Istisqa bakal dipimpin langsung oleh Roia Syuriah PCNU Kota Yogyakarta, KH Sholehudin Mansyur selaku imam," kata Misbahrudin.

Ditambahkan Misbahrudin, selain menggelar shalat Istisqa, pihaknya juga mengadakan doa bersama untuk rakyat Palestina.

"Kami berdoa agar Allah SWT memberikan pertolongan pada Palestina, yang dulu termasuk bangaa awal yang mengakui kemerdekaan Indonesia," pungkasnya. (*)

Sumber: