Lomba Desa Wisata Nusantara Tahun 2023, Pekon Kiluan Negeri Masuk Tahap Verifikasi Lapangan

Lomba Desa Wisata Nusantara Tahun 2023, Pekon Kiluan Negeri Masuk Tahap Verifikasi Lapangan

Tim Juri Penilai dari Kemendes melakukan verifikasi lapangan ke Pekon Kiluan Negeri Kecamatan Kelumbayan Kabupaten Tanggamus, Lampung. Foto Diskominfo--

RADARTANGGAMUS.CO.ID--Lomba Desa Wisata Nusantara Tahun 2023 memasuki tahapan verifikasi. Untuk di Kabupaten Tanggamus sendiri yang turut berpartisipasi dalam Lomba Desa Wisata Nusantara adalah Pekon Kiluan Negeri Kecamatan Kelumbayan.

Sebelumnya tim juri dari Dirjen Pembangunan Desa dan Perdesaan, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes) telah melakukan seleksi Tahap I yaitu seleksi Administrasi pada tanggal 6 Oktober 2023 lalu Tahap II yaitu penyampaian paparan dan presentasi pada tanggal 18 Oktober 2023.

Kemudian pada Kamis 26 Oktober 2023 Tim Juri melakukan kegiatan verifikasi lapangan ke Pekon Kiluan Negeri, Kecamatan Kelumbayan.

Adapun tim juri dari Kemendes PDT yaitu Dr. Agus Kuncoro, S.Sos, M.Si sebagai Ketua Tim, didampingi Ajar Widianto, S.Sos dan Juli H.

BACA JUGA: 9 Desa Wisata di Kabupaten Tanggamus dan Pringsewu akan dikembangkan Kemenparekraf. Berikut Namanya

Pekon Kiluan Negeri merupakan salah satu pekon yang ada di Kecamatan Kelumbayan Kabupaten Tanggamus yang terkenal destinasi wisatanya yaitu Teluk Kiluan.

Kiluan Negeri merupakan Desa Wisata yang diunggulkan Kabupaten Tanggamus untuk mewakili Lomba Desa Wisata Nusantara Tahun 2023.

Dalam penyambutan tim juri, langsung dikoordinatori oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Arpin,didampingi Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Suyanto dan beberapa kepala OPD terkait, Camat Kelumbayan Derius Putrawan dan aparatur Pekon Kiluan Negeri.

Menurut Arpin,Pekon Kiluan Negeri merupakan satu-satunya Desa Wisata yang mewakili Provinsi Lampung dalam Lomba Desa Wisata Nusantara 2023.

BACA JUGA: Dispar Tanggamus Lampung Akan Lihat Kesiapan 6 Desa Wisata, Termasuk Salah Satu Syarat Ini

"Alhamdulillah masuk Pekon Kiluan Negeri masuk dalam 15 besar pada penilaian Tahap II dan pada hari ini kita sampai pada tahap verifikasi lapangan dan kami ucapkan selamat datang kepada Tim Juri di Pekon Kiluan Negeri,"kata Arpin.

Sementara ketua Tim Juri dari Kemendes Dr. Agus Kuncoro, S.Sos, .M.Si., menyampaikan ucapan terimakasih atas penyambutan yang diberikan.

Ia juga mengaku terkesan dengan keindahan alam Teluk Kiluan yang memesona.

"Semoga Kabupaten Tanggamus dengan Desa Wisatanya bisa masuk nominasi dalam lomba ini yang pemenangnya akan di umumkan pada pertengahan November 2023 di Nusa Tenggara Barat (NTB),"pungkas Agus Kuncoro.(*)

Sumber: