Bunda SALUD Pringsewu Ajak Tanamkan Kesadaran Berlalu Lintas Sejak Usia Dini

Bunda SALUD Pringsewu  Ajak Tanamkan Kesadaran Berlalu Lintas Sejak Usia Dini

Foto bersama Sosialisasi SALUD Kabupaten Pringsewu Tahun 2023 yang berlangsung di Aula Bupati Pringsewu, Kamis (9/11). --

PRINGSEWU,RADARTANGGAMUS.DISWAY.ID - Keselamatan menjadi salah satu hal penting dalam berlalu lintas di jalan, oleh karena itu perlu ditanamkan budaya tertib lalu lintas sejak usia dini. 

 

"Para pelajar sebagai generasi muda merupakan target strategis dalam rangka proses penanaman budaya tertib berlalu lintas untuk meningkatkan budaya keamanan dan keselamatan berlalu lintas di jalan yang tengah dicanangkan oleh Pusat, Provinsi dan kabupaten Pringsewu, "Ungkap Bunda Sadar Lalu Lintas Usia Dini (SALUD) Kabupaten Pringsewu, Rusdiana Adi Erlansyah dalam sambutan membuka Sosialisasi SALUD Kabupaten Pringsewu Tahun 2023 yang berlangsung di Aula Bupati Pringsewu, Kamis (9/11). 

 

Sosialisasi SALUD yang digelar Dinas Perhubungan Kabupaten (Dishub) Pringsewu diikuti 33 guru TK dan PAUD se-kabupaten. Selain itu juga dengan menghadiri beberapa nara sumber diantaranya dari Dishub, Disdikbud, Jasa Raharja dan Satlantas Polres Pringsewu. 

 

Menurut Bunda SALUD, bahwa terjadinya kecelakaan di jalan raya berawal dari ketidakpatuhan pengguna jalan terhadap peraturan lintas serta rambu-rambu lalu lintas. Untuk patuh terhadap rambu-rambu lalu-lintas, tidak bisa instan dan seharus dilakukan edukasi sejak usia dini/anak-anak untuk menanamkan sikap disiplin dalam menjaga keselamatan di jalan dengan memahami peraturan dan mematuhi rambu rambu lalu-lintas. 

Sehingga, pendidikan sadar berlalu lintas sejak usia dini penting untuk diterapkan sebagai landasan dari pembangunan karakter manusia yang berkeselamatan dalam bertransportasi.

"Untuk itu diharapkan sejak anak-anak sudah dapat memahami apa arti berlalu lintas yang baik dan memberikan contoh kepada orang-orang terdekatnya. bahkan ke orang yang lebih dewasa yang belum mengetahui berlalu lintas yang aman dan berkeselamatan, " Ucap Rusdiana. 

 

Sementara itu, Sekretaris Dishub Pringsewu, Hartadi mewakili Kepala Dishub Pringsewu, Bambang Suhermanu mengatakan sosialisasi SALUD Kabupaten Pringsewu Tahun 2023 tujuan pelaksanaan agar dewan guru/orang tua dapat memberikan pemahaman kepada anak usia dini tentang keselamatan berlalu lintas dan memberikan contoh yang baik terhadap anak-anak. 

"Untuk itu diharapkan akan terbentuk generasi yang lebih sadar akan keselamatan berlalu lintas. Sehingga dapat membantu menciptakan lingkungan yang lebih aman dan kondusif bagi semua pengguna jalan raya, " Harapnya. (*) 

 

Sumber: