Pemprov Lampung Dorong Pemda Se Lampung Fokus Gunakan Produk Lokal

Pemprov Lampung Dorong Pemda Se Lampung Fokus Gunakan Produk Lokal

Pemprov Lampung melalui Bappeda Lampung melaksanakan sosialisasi monev program peningkatan penggunaan produk dalam negeri di Aula Serumpun Padi Kecamatan Gisting. Foto Diskominfo --

RADARTANGGAMUS.CO.ID--Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung mengajak seluruh pemkab/pemkot se Lampung dan OPD di lingkungan Pemprov Lampung untuk fokus pada Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) dan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN).

Hal itu diungkapkan, Plt Kadis Koperindag Provinsi Lampung Evi Fatmawati mewakili Gubernur Lampung Arinal Djunaidi saat menghadiri sosialisasi, Monitoring dan Evaluasi Program Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) Kepada pelaku UMKM dan ASN di Kabupaten Tanggamus di Aula Serumpun, Kecamatan gisting,Rabu, 13 Desember 2023.

Menurut Evi Fatmawati,untuk mewujudkan visi tujuan dan sasaran pembangunan nasional, termasuk di dalamnya tujuan dan sasaran pembangunan Provinsi Lampung,diperlukan kontribusi dan tata kelola P3DN.

Hal itu sebagaimana diatur dalam Peraturan Presiden No 29 Tahun 2018 tentang Pemberdayaan Industri dan Instruksi Presiden No 2 Tahun 2022 tentang P3DN dan Produk UMKM dan koperasi, serta dalam upaya menyukseskan gerakan nasional bangga buatan Indonesia.

BACA JUGA:Hadir di Pengajian Ibu-ibu, Anggota DPRD Lampung Heni Susilo Sampaikan Penguatan UMKM

BACA JUGA:Dorong Kinerja UMKM Lokal, BNI Dukung Pameran Kriya Nusantara

Dikatakan Evi bahwa program P3DN adalah salah satu upaya pemerintah untuk mendorong masyarakat agar lebih menggunakan produk dalam negeri dibandingkan produk impor dilaksanakan dengan tujuan meningkatkan penggunaan produk dalam negeri oleh pemerintah,badan usaha dan masyarakat

Kemudian memberdayakan industri dalam negeri melalui pengamanan pasar domestik, mengurangi ketergantungan kepada produk impor dan meningkatkan nilai tambah di dalam negeri dan memperkuat struktur industri dengan meningkatkan penggunaan barang modal,bahan baku komponen teknologi dan SDM dari dalam negeri. 

"Dengan demikian,program ini bertujuan untuk meningkatkan penggunaan produk dalam negeri mendukung pertumbuhan dan keberlanjutan industri dalam negeri serta mengoptimalkan penggunaan produk dalam negeri oleh pemerintah,"kata Evi.

Sementara,Asisten Bidang Ekobang, Setdakab Tanggamus, Sukisno mewakili Pj Bupati Tanggamus Mulyadi Irsan menyatakan bahwa Pemkab Tanggamus menyambut baik kegiatan Sosialisasi dan Monev terkait P3DN di Kabupaten Tanggamus yang diselenggarakan oleh Bappeda Provinsi Lampung.

Dikatakan Sukisno bahwa P3DN merupakan upaya pemerintah untuk mendorong masyarakat agar lebih memilih menggunakan produk dalam negeri ketimbang menggunakan produk luar negeri, tujuannya tak lain untuk meningkatkan kesempatan kerja, mendorong pertumbuhan ekonomi berkelanjutan, penghematan devisa serta mengurangi ketergantungan produk luar negeri melalui pengoptimalan belanja Pemerintah. 

"P3DN untuk selalu senantiasa didorong dalam upaya bonus demografi, menekan pengangguran, peningkatan pertumbuhan ekonomi, untuk Indonesia Emas 2045,"kata Sukisno.

Sukisno melanjutkan kebijakan-kebijakan lain dalam pelaksanaan tugas keseharian juga telah dilakukan oleh Pemkab Tanggamus seperti pemakaian seragam dinas atau batik dan penyajian snack atau makanan khas lokal, belanja kebutuhan pokok di UMKM atau produksi petani lokal di kalangan ASN serta pembuatan katalog elektronik lokal pada website LPSE. 

"Semua kebijakan ini agar terus dilaksanakan dan dilanjutkan, serta menjadi target kinerja perangkat daerah dan kepala OPD untuk memerintahkan mewajibkan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) agar dalam dokumen pengadaan barang dan jasa mencantumkan penggunaan produk dalam negeri dan semua hal ini akan saya lakukan evaluasi secara bertahap,"pungkas Sukisno saat membacakan sambutan Pj Bupati Tanggamus Mulyadi Irsan.(*)

Sumber: