367 Pesilat Ramaikan Kejuaraan Pencak Silat Piala Ketum KONI

367 Pesilat Ramaikan Kejuaraan Pencak Silat Piala Ketum KONI

Kejuaraan Pencak Silat Piala Ketum KONI Tanggamus Tahun 2023 yang berlangsung di Gisting tersebut dibuka langsung oleh Ketum KONI Tanggamus Hj. Dewi Handajani pada Sabtu 16 Desember 2023. Foto KONI Tanggamus--

RADARTANGGAMUS.CO.ID--Sebanyak 367 pesilat mengikuti Kejuaraan Pencak Silat yang memperebutkan Piala Ketua Umum KONI Tanggamus tahun 2023.

Kejuaraan Pencak Silat yang diikuti oleh 11 perguruan dan dia club itu berlangsung di Lapangan Futsal Blok 7 Pekon Gisting Permai, Kecamatan Gisting Kabupaten Tanggamus yang berlangsung selama dua hari dari 16 Desember hingga 17 Desember 2023.

Ada dua kelas yang dipertandingkan yaitu Kelas Laga dan Kelas Seni. Pesertanya juga tidak hanya dari Tanggamus, tetapi ada juga dari daerah lain seperti Kota Bandar Lampung, Kota Metro,Kabupaten Pringsewu, Pesawaran, Lampung Timur dan Lampung Barat.

Ketua Pelaksana Kejuaraan, Pencak Silat,Azhari mengatakan bahwa, pelaksanaan kejuaraan Pencak Silat Piala Ketum KONI Tanggamus diselenggarakan untuk melihat hasil pelatihan wasit dan juri pencak silat yang sebelumnya telah dilaksanakan pada tanggal 3 sampai 5 Desember 2023 yang lalu.

BACA JUGA:Ukir Sejarah, Tujuh Atlet Asal Tanggamus Lolos ke PON XXI 2024 di Aceh-Sumatera Utara

BACA JUGA:Cari Bibit Atlet,Pagar Nusa Tanggamus Gelar Turnamen Antar Padepokan

"Selain itu, Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Tanggamus dengan kejuaraan ini juga untuk mencari bibit-bibit Atlet Pencak Silat Tanggamus. Apalagi pada PON 2024 mendatang, ada 5 atlet Pencak Silat Asli Tanggamus yang ikut PON,"ujar Azhari.

Dilanjutkan Azhari, untuk peserta dibagi menjadi tiga tingkatan yakni tingkat anak-anak, remaja dan dewasa. 

Dijelaskan Azhari bahwa ada 11 perguruan yang ikut dalam kejuaraan tersebut antara lain,TTKDH Pugung, Pejuang Siliwangi, TSPM Limau, PSHT Gisting, TSPM Attanwir, Pagar Nusa, Panda Alas, Pubian, PSHT Sumber Rejo, PSHT Gisting Permai, dan SMI Pugung.

"Selain itu ada dua club yang ikut kejuaraan yakni, Kobar Club dan Mulyojaten Club,"terang Azhari.

Sebelumnya,Kejuaraan Pencak Silat Piala Ketum KONI Tanggamus Tahun 2023 yang berlangsung di Gisting tersebut dibuka langsung oleh Ketum KONI Tanggamus Hj. Dewi Handajani pada Sabtu 16 Desember 2023.

Dalam arahannya, Dewi Handajani menginginkan Kejuaraan Pencak Silat Piala Ketum KONI Tanggamus Tahun 2023 dapat dilaksanakan dengan baik dan berjalan aman, tertib dan sesuai harapan.

"Selalu jaga sportivitas dalam bertanding, menang kalah dalam pertandingan merupakan hal yang biasa, jadikan pembelajaran untuk menempa diri menjadi seorang juara baik di tingkat kabupaten, provinsi hingga nasional bahkan bila perlu hingga internasional,"pungaks Dewi Handajani.(*)

 

Sumber: