Satu Rumah di Pekon Kandang Besi Dilalap Si Jago Merah

Satu Rumah di Pekon Kandang Besi Dilalap Si Jago Merah

Kebakaran terjadi di Pekon Kandang Besi Kecamatan Kota Agung Barat, Sabtu dinihari 13 Januari 2024, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut,hanya saja korban mengalami kerugian materil hingga puluhan juta rupiah--

RADARTANGGAMUS.CO.ID--Peristiwa kebakaran rumah kembali terjadi di Kabupaten Tanggamus, Provinsi Lampung. Kali ini si jago merah melalap rumah milik Nurul Efendi (40) Warga Pekon Kandang Besi Kecamatan Kota Agung Barat, Tanggamus.

Peristiwa kebakaran ini terjadi pada Sabtu 13 Januari 2024 sekitar pukul 04.00 WIB.

Berdasarkan keterangan dari saksi-saksi yaitu Rosilawati (35) dan Rohman Basri (50) bahwa sumber api berasal dari kamar anak korban yang bernama Rapadinata.

Kapolsek Kota Agung, AKP Amsar, menuturkan bahwa tidak ada korban jiwa dalam kebakaran tersebut. Korban hanya mengalami kerugian materi. Adapun penyebab kebakaran diduga korsleting listrik.

BACA JUGA:Sedang Terlelap Tidur, Rumah Asnawi Dilalap Si Jago Merah

BACA JUGA:Polsek Talangpadang Lakukan Olah TKP Kebakaran Rumah di Dusun Mega

"Saat kejadian kebakaran korban dan keluarganya berhasil menyelamatkan diri. Untuk kerugiannya ditaksir mencapai puluhan juta sebab sejumlah barang ludes terbakar," kata Amsar

Kapolsek mengungkapkan,berdasarkan keterangan saksi dan korban, api pertama kali diketahui oleh Nurul Efendi yang merupakan pemilik rumah. Api membesar dari kamar Rapadinata yang merupakan anak dari Nurul Efendi.

"Saat itu juga, Rohman Basri dengan sigap membuka pintu depan, menyelamatkan penghuni rumah, serta barang-barang yang masih dapat diselamatkan,"terang Amsar.

Dikatakan Amsar bahwa si jago merah berhasil dipadamkan oleh warga sekitar dengan peralatan seadanya. Lalu dilanjutkan proses pendinginan oleh petugas pemadam kebakaran (Damkar) hingga pukul 06.00 WIB.

"Sejumlah personel dari Polsek Kota Agung, Damkar, dan petugas PLN berada di lokasi untuk membantu warga melakukan evakuasi sisa-sisa kebakaran,"beber kapolsek.

Amsar menjelaskan, barang-barang milik korban yang terbakar diantaranya dua lemari kayu, satu lemari etalase, satu spring bed, satu TV 20 inc,pakaian,peralatan rumah tangga, dan dokumen-dokumen penting. 

Untuk mencegah agar kejadian serupa tidak terulang,kapolsek mengimbau masyarakat memeriksakan instalasi listrik secara rutin dengan melibatkan tenaga ahli di bidang kelistrikan.

"Dengan pemeriksaan rutin,tentunya dapat mencegah terjadinya korsleting listrik di rumah,"pungkas kapolsek.(*)

Sumber: