Bendungan Batu Tegi Surut,Bukit-Bukit Kecil Menyembul

Bendungan Batu Tegi Surut,Bukit-Bukit Kecil Menyembul

Bendungan Batu Tegi Kecamatan Airnaningan yang surut akibat kemarau panjang memunculkan bukit bukit kecil dan perahu rusak yang sebelumnya tenggelam. Foto Ist--

Kepala Pekon Batu Tegi, Rahmat menuturkan, terkait turunnya debit air bendungan salah satunya disebabkan oleh kemarau panjang, lalu faktor lainnya adanya bendungan lain yaitu Sekampung 2 sehingga debit air terbagi.

"Jadi walaupun telah dibuka juga air masih tetap ditampung di Sekampung 2,"ujar Rahmat.

Menurut Rahmat, dampak surutnya Bendungan Batu Tegi menyebabkan aktivitas nelayan dan  pelayaran terganggu.

Namun bagi petani ataupun nelayan, surutnya air juga menjadi berkah tersendiri sebab menangkap ikan menjadi lebih mudah karena banyak juga genangan-genangan yang sekarang titik ikannya sudah terkonsentrasi terkumpul dalam satu titik. 

Dijelaskan Rahmat, bahwa setiap musim kemarau debit air di Bendungan Batu Tegi memang selalu surut. Namun di akhir tahun 2023 hingga awal 2024 surutnya air sangat signifikan, sehingga pulau pulau yang tadinya tergenang sekarang sudah muncul terlihat.

"Akibat mungkin, faktor tadi faktor cuaca ataupun kemarau panjang, yang kedua memang pengendalian air sekarang tidak dipertahankan hanya di kampung satu. Dibuka terus irigasinya sehingga surut semakin tinggi,"terangnya.(*)

Sumber: