Ingin Pelabuhan Segera Dibangun, 2 Pekon di Kecamatan Pematang Sawa Hibahkan Tanah Ini Luasnya

Ingin Pelabuhan Segera Dibangun, 2 Pekon di Kecamatan Pematang Sawa Hibahkan Tanah Ini Luasnya

Lokasi tanah hibah yang akan diperuntukan bagi rencana pembangunan pelabuhan di Pekon Karang Brak, Kecamatan Pematang Sawa. foto ist--

"Masyarakat di empat pekon tersebut menyampaikan usulan sekitar awal November 2023 lalu, dan bulan Desember ada permintaan berkas diantaranya titik koordinat dan testimoni dari tokoh masyarakat dalam bentuk video pendek, video pendek itu ditayangkan saat kunjungan Dirjen Perhubungan beberapa waktu lalu ke Tanggamus,"terangnya.

BACA JUGA:Aplaus, Untuk Semangat Rela Berkorban Dan Gotong Royong Warga di 8 Pekon Wilayah Selatan Pematang Sawa

Ia juga lanjutnya, sangat mendukung jika rencana pembangunan pelabuhan tersebut terealisasi.

Mengingat Kecamatan Pematang Sawa memiliki penduduk 16.761 jiwa, dengan produksi perikanan tangkap tahun 2022 sejumlah 14.442,202 ton.

Dimana sektor perikanan merupakan salah satu pencaharian dari masyarakat khususnya di 8 pekon wilayah selatan. 

Alasan lain, pentingnya pembangunan pelabuhan ialah agar supaya pelayanan kesehatan dapat berjalan dengan baik, dan hal tersebut juga sangat dibutuhkan oleh masyarakat.

"Jika pelabuhan tersebut terwujud maka akan berdampak bagi pembangunan ekonomi dan pembangunan sosial masyarakat di Kecamatan Pematang Sawa khususnya delapan pekon yakni Pekon Teluk Brak, Karang Brak, Tirom, Way Asahan, Kaur Gading, Martanda, Tampang muda dan Tampang Tua,"tandasnya. (*)

Sumber: