Banjir Bandang Terjang 6 Pekon di Kecamatan Talang Padang

Banjir Bandang Terjang 6 Pekon di Kecamatan Talang Padang

Puluhan rumah terdampak banjir bandang yang melanda beberapa pekon di Kecamatan Talang Padang, Jumat malam. Foto ist--

 

RADARTANGGAMUS.CO.ID--Banjir bandang melanda sejumlah pekon di Kecamatan Talang Padang, Tanggamus, Jumat 24 Mei 2024 sekira pukul 21.00.

Banjir bandang yang diakibatan luapan Way Tuba yang melintasi wilayah kecamatan tersebut mengakibatkan beberapa pekon terkena banjir.

Pekon pekon yang terkena luapan banjir bandang tersebut yakni, Pekon Suka Negeri Jaya, Talang Padang, Sinar Semendo, Sinar Banten, Sinar Petir, dan Pekon Sukamerindu. 

Herman salah satu, warga Pekon Talang Padang mengatakan, banjir bandang tersebut 

mengakibatkan sejumlah rumah porak poranda, dan hingga saat ini warga masih berjibaku membersihkan sejumlah material akibat banjir.

"Sekitar jam sembilan tadi malam, debit air way tuba meningkat akibatnya sejumlah rumah terdampak banjir, beberapa peralatan rumah tangga hanyut terbawa arus sungai,"kata Herman, Sabtu 25 Mei 2024.

Sementara itu, Kadus Sukamandi II Pungut menerangkan bahwa banjir yang melanda beberapa pekon, di Kecamatan Talang Padang tersebut.

Tergolong sangat parah jika dibandingkan dengan banjir pada tahun 2019 silam, puluhan rumah warga terdampak banjir baik dengan kategori sedang, berat hingga rusak parah.

"Ada beberapa rumah warga di beberapa dusun di Pekon Talang Padang yang terdampak banjir, seperti dusun Sukamandi, dusun bandongan, dusun pekon lom,"terangnya.

Terpisah, Camat Talang Padang Muhammad Amin mengatakan bahwa tim gabungan hingga saat ini masih membantu warga disejumlah titik yang terkena banjir.

"Untuk data pasti, berapa rumah yang terkena dan terdampak banjir kita belum menerima data pastinya, Pak Pj. Bupati juga hari ini akan meninjau secara langsung,"kata Camat ketika dikonfirmasi.

Camat menerangkan, banjir bandang tersebut, tidak hanya menghanyutkan peralatan rumah saja, namun hewan ternak milik warga terdampak banjir bandang.

"Sejumlah bantuan juga akan disalurkan bagi korban banjir bandang ini, dan kita juga sampaikan terimakasih kepada tim gabungan yang telah membantu warga terdampak banjir ini,"tandasnya. 

Sumber: