Pasca Buaya Mangsa Warga Sripurnomo,1 Ekor Buaya di Way Semaka Berhasil Ditangkap

Pasca Buaya Mangsa Warga Sripurnomo,1 Ekor Buaya di Way Semaka Berhasil Ditangkap

Satu ekor buaya muara di Way Semaka berhasil ditangkap Tim BKSDA Lampung-Bengkulu, Kamis 27 Juni 2024. Foto Ist--

Ke esokan paginya, pada Kamis 27 Juni 2024 sekitar pukul 06.00 WIB, tim melakukan pemeriksaan jerat dan mendapati se ekor buaya telah terperangkap dengan ekor masuk ke dalam jerat. 

"Penangkapan buaya ini dilakukan dengan bantuan 10warga Pekon Sripurnomo, disaksikan oleh Kepala Pekon Sripurnomo dan anggota Babinkamtibmas Polsek Semaka," terang Iptu Zulkarnain.

Kasat menyebut, Buaya yang berhasil ditangkap tersebut diidentifikasi sebagai buaya muara (Crocodylus porosus) dengan panjang 2,95 meter dari ujung kepala hingga ujung ekor dan lebar perut 45 centimeter. 

"Buaya ini juga memiliki ciri khas berupa gigi taring bagian atas kanan yang patah," ujarnya.

Untuk sementara, buaya tersebut dievakuasi ke rumah salah satu warga. Langkah selanjutnya adalah memastikan kondisi kesehatan buaya dan menentukan tempat penampungan yang sesuai untuk mencegah konflik serupa di masa depan.

Ia menegaskan pentingnya kerjasama antara masyarakat, pemerintah daerah, dan instansi terkait dalam mengatasi konflik satwa liar.

“Kami berterima kasih kepada tim BKSDA atas partisipasi aktif warga Pekon Sripurnomo dalam membantu proses penangkapan ini. Keberhasilan ini menunjukkan betapa pentingnya sinergi dalam menjaga keselamatan dan kesejahteraan bersama,"pungkas Zulkarnain.(*)

 

Sumber: