Pembangunan Berlanjut, Infrastruktur Dasar Ibu Kota Negara Ditarget Rampung Tahun Ini

Pembangunan Berlanjut, Infrastruktur Dasar Ibu Kota Negara Ditarget Rampung Tahun Ini

Pemerintah pastikan pembangunan IKN terus berlanjut, dan targetkan Infrastruktur dasar selesai tahun ini. Foto Kementerian PUPR --

Selain itu, Pembangunan Gedung dan Kawasan Kantor Kementerian Koordinator 4 dengan persentase mencapai 93,5 persen juga sudah nyaris tuntas dan dipastikan selesai tahun ini.

Termasuk pembangunan apartemen atau rusun yang akan digunakan oleh aparatur sipil negara (ASN.

”Realisasi pekerjaan-pekerjaan itu lebih cepat dari rencana dan target, dan kita sangat optimis ada banyak infrastruktur dasar selesai di akhir tahun ini,"ujarnya.

Melihat capaian sejumlah pembangunan, di IKN lanjutnya tentu hal tersebut sesuai dengan komitmen dari Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dan juga Presiden Terpilih Prabowo Subianto.

Bahwa pembangunan sejumlah proyek di IKN, akan diselesaikan hingga tuntas dan dapat digunakan.

"IKN adalah lambang kota yang akan menjadi epicentrum pembangunan Indonesia, yang Indonesia sentris, bukan Jawa sentris,”kata Basuki.

Sementara itu, Ketua Satuan Tugas (Satgas) Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Kementerian PUPR Danis H Sumadilaga, menerangkan, secara bertahapa pembagunan IKN dari hari ke hari menunjuk progres yang sangat bagus.

Seperti prioritas pekerjaan yang tengah digenjot dan dikebut oleh Kementrian PUPR, pasca peringatan HUT RI 79 beberapa waktu lalu, yakni rusun ASN.

Menurut Danis saat ini, telah dibangun 12 rusun bagi ASN dan siap huni, jumlah tersebut akan terus bertambah.

Sehingga proses pemindahan ASN ke IKN dapat berjalan dengan lancar tanpa hambatan.

”September-Oktober sudah 21 tower. Bahkan November-Desember sudah sekitar 47 tower, selain itu, untuk menjamin kebutuhan para ASN selama beraktivitas di IKN, rusun tersebut jug telah dilengkapi dengan fasilitas penunjang seperti minimarket cafe, dan klinik,"tandasnya

Sumber: