10 Manfaat Kunyit untuk Kesehatan

10 Manfaat Kunyit untuk Kesehatan

Kunyit memilik berbagai manfaat bagi kesehatan manusia. Obat herbal ini sejak dulu memang dipercaya bisa meredakan berbagai penyakit ringan dan juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Selain itu, banyak dari masyarakat yang menggunakan kunyit sebagai bumbu dasar masakan, teh, dan juga jamu.

Kunyit memiliki banyak kandungan yang bermanfaat bagi tubuh. Seperti kandungan kurkumin, sesmetoksikumin, bisdesmetoksikurkumin, resim, pati, karbohidrat, protein, selulosa, lemak, vitamin c, antioksidan, zat pahit, zat besi, fosfor, kalsium, hingga minyak atsiri.

Dengan banyaknya kandungan yang bermanfaat bagi tubuh kita, ada baiknya mengkonsumsi kunyit secara rutin dengan takaran yang sesuai. Berikut beberapa manfaat kunyit :

1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Kunyit mengandung zat kurkumin yang bekerja meningkatkan daya tahan tubuh.

Sistem pertahanan tubuh bisa melawan virus atau bakteri penyebab penyakit yang ditingkatkan, bukan secara langsung membunuh kuman tersebut.

Mengonsumsi air kunyit secara rutin juga bisa membantu memerangi virus yang menginfeksi saluran pernapasan karena adanya zat anti kataral.

2. Mengatasi Perut Kembung

Buang gas berlebihan merupakan tanda ada yang salah pada kondisi perutmu. Untuk membantu otot pada pencernaan agar tetap bergerak lancar, kamu bisa konsumsi kunyit.

Kurkumin pada kunyit membantu mengurangi tekanan gas pada perut dan membantu lambung untuk menghentikan produksi asam secara berlebihan.

3. Anti Radang

Kandungan pada kunyit yang disebut kurkumin merupakan antioksidan yang memiliki efek antiradang poten.

Pada satu kunyit, kurang lebih memiliki kandungan kurkumin sebanyak 200 miligram (mg).

Zat aktif tersebut membantu menghentikan kerja enzim serta sitokin yang dapat menyebabkan inflasi pada tubuh. Maka dari itu sangat bermanfaat untuk mengurangi radang.

4. Mengurangi Rasa Mual

Sumber: