Pasca Banjir Bandang,Warga Semaka Rasakan Gatal-gatal hingga Diare

Pasca Banjir Bandang,Warga Semaka Rasakan Gatal-gatal hingga Diare

Warga Kecamatan Semaka berobat di posko kesehatan yang telah disediakan Diskes Tanggamus. Foto Ist--

RADARTANGGAMUS.CO.ID--Warga Kecamatan Semaka yang terdampak banjir mulai mengalami gangguan kesehatan pasca terjadinya banjir bandang.

 

 

Menurut Sekretaris Dinas Kesehatan (Diskes) Tanggamus, Bambang Sutejo, jika rata-rata masyarakat yang datang ke posko kesehatan mengeluhkan pegal-pegal, gatal-gatal,reumatik,chepalgia,dermatitis kontak,gastritis,dermatitis atopik,flu,diare dan hipertensi.

 

 

"Keluhan dari warga tersebut masih bisa ditangani oleh petugas medis kita yang bersiaga di posko kesehatan. Apabila kondisinya parah maka akan dirujuk ke puskesmas yang siaga 24 jam,"kata Bambang Sutejo mewakili Kepala Diskes Tanggamus, Taufik Hidayat.

 

 

Dilanjutkan, Bambang bahwa pihaknya juga membagikan kaporit untuk sumur warga dan sumber air terdampak." Karena saat banjir air sumur menjadi keruh. Diberi kaporit agar bisa kembali digunakan sebagaimana mestinya,"kata dia.

 

 

Untuk diketahui, Pemkab Tanggamus melalui diskes setempat membuka pelayanan kesehatan berupa posko di setiap pekon yang terdampak banjir.

 

Sumber: