Tiga Napi Terorisme di Lapas Kota Agung, Tanggamus,Lampung Ucapkan Ikrar Setia NKRI

Tiga Napi Terorisme di Lapas Kota Agung, Tanggamus,Lampung Ucapkan Ikrar Setia NKRI

Tiga orang napiter di Lapas Kotaagung, Kabupaten Tanggamus,Lampung ikrar setia NKRI disaksikan Kadivpas, Kalapas Kotaagung, perwakilan BNPT, Densus 88, perwakilan BIN,dan Polres Tanggamus. Foto Ist--

RADARTANGGAMUS.CO.ID - Tiga orang narapidana tindak pidana terorisme (Napiter) di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Kotaagung, Kabupaten Tanggamus,Provinsi Lampung menyatakan ikrar setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), Sabtu (8/7/2023).

Ketiga napiter ini menyatakan kembali dan siap berkarya untuk Ibu Pertiwi.

Disaksikan langsung  Kadivpas, Kanwil Kemenkumham Lampung, Farid Junaedi.

BACA JUGA: Jasad Herry Isai, Mahasiswa KKN Itera Berhasil Ditemukan

Lalu, Korwil Badan Nasional Penanggulangan Teroris (BNPT) Lampung, Korwil Badan Intelijen Negara (BIN) Daerah Lampung, Densus 88 Anti Teror, Polres Tanggamus, Intel Kodim 0424 Tanggamus dan Kementerian Agama Kanwil Lampung.

Para napi teroris ini berjanji akan membantu pemerintah dalam menghambat penyebaran radikalisme di masyarakat yang terucap pada salah satu bunyi sumpahnya.

"Melepaskan baiat saya dari amir atau pemimpin atau kelompok atau jaringan atau organisasi radikalisme dan terorisme yang bertentangan dengan Negara Kesatuan Republik Indonesia," ucap salah satu napiter diikuti kedua napiter lainnya.

BACA JUGA: Bisa Ular Weling Lebih Berbahaya dari Kobra, Satpam di Tangerang Pernah jadi Korbanya

Kalapas Kota Agung, Beni Nurrahman menjelaskan bahwa upaya melalui program deradikalisasi kepada para napiter yang dilaksanakan di Lapas Kelas IIB Kotaagung  tak luput dari bantuan BNPT, Densus 88, hingga BIN sehingga berhasil membawa kembali para napiter ke NKRI

"Ada 3 orang pamong atau wali permasyarakatan yang membantu proses deradikalisasi para napi teroris sebelum akhirnya mengucap janji setia kepada negara,"ucap Beni.

Sebelumnya, rangkaian ikrar setia NKRI diawali dengan laporan kegiatan oleh Kepala Lapas Kelas IIB Kotaagung, pelaksanaan ikrar, prosesi penghormatan dan penciuman bendera merah putih serta penandatanganan ikrar tertulis antara Napiter dengan saksi-saksi.

BACA JUGA: Catat! Pemerintah dan DPR RI Tegaskan Tak ada PHK Massal Honorer di akhir 2023

Terakhir, pembacaan Pancasila dan yel-yel “NKRI Harga Mati” yang dipimpin oleh Kepala Lapas Kotaagung untuk diikuti oleh ketiga napiter. (*)

Sumber: