Potensi Wisata Pemandian Air Panas Belum Dikelola Maksimal

Potensi Wisata Pemandian Air Panas Belum Dikelola Maksimal

Pemandian Wisata Air Panas di Pekon Way Panas, Kecamatan Wonosobo, ramai dipadati pengunjung. Foto Uji Mashudi--

RADARTANGGAMUS.CO.ID — Pekon Waypanas, Kecamatan Wonosobo, Tanggamus mempunyai potensi alam yang layak dijadikan tempat wisata. Salah satunya seperti Pemandian Air Panas.

 

Pada akhir pekan, Pemandian Air Panas yang terletak di Dusun II Pekon Way Panas itu ramai dikunjungi, bahkan mencapai 200 orang. Namun sayangnya lokasi tersebut hingga kini belum ada yang mengelola.

 

"Sebenarnya wisata Pemandian Air Panas ini kalau dikelola oleh pemerintah bisa meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Tanggamus. Karena potensi wisata ini ramai dikunjungi warga. Apalagi pada hari-hari besar seperti Hari Raya Idul Fitri, Idul Adha dan Tahun Baru," kata Sahyar, warga setempat.

 

Ia menjelaskan, tempat pemandian air panas tersebut berukuran 5x5 meter, dengan kedalaman 1 meter disertai air panas yang menyembur.

 

Menurutnya, selain belum dikelola, akses menuju tempat pemandian air panas juga masih berupa tanah sehingga sulit dilewati. Terlebih, jika dimusim penghujan. Sebab, kondisi jalan menjadi becek dan licin.

 

Jika sarana prasarananya mendukung, ia mengaku optimis pemandian air panas dapat dijadikan salah satu objek wisata terfavorit di Tanggamus.

 

"Kalau jalannya dan juga tempatnya di percantik, saya yakin pemandian air panas ini bisa ramai seperti wisata Pemandian Air Panas lainya," tuturnya.

 

Sumber: