Kecamatan Sepi di Tanggamus,Tiga Diantaranya Punya Pantai Indah Nan Eksotis

Kecamatan Sepi di Tanggamus,Tiga Diantaranya Punya Pantai Indah Nan Eksotis

Pantai Karang Bolong Kecamatan Limau. Foto Instagram @rahmasari0509 --

RADARTANGGAMUS.CO.ID--Kabupaten Tanggamus, Provinsi Lampung yang resmi dibentuk tahun 1997 saat ini memiliki 20 kecamatan. Total jumlah penduduk Kabupaten Tanggamus berdasarkan hasil Sensus penduduk Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Tanggamus tahun 2020 sebanyak 652.898 jiwa.

Luas wilayah Tanggamus adalah berupa daratan dan lautan seluas 4.654 km persegi. Luas ini terdiri dari luas darat 2855.46 KM persegi dan Luas Laut 1.799 KM persegi.

Wilayah administrasi Kabupaten Tanggamus terdiri dari 20 wilayah kecamatan. Luas daratan masingmasing kecamatan, yaitu: Wonosobo (209,63 Km2)Semaka (170,90 Km2), Bandar Negeri Semuong (98,12 Km2) Kota Agung (76,93 Km2), Pematang Sawa (185,29 Km2).

BACA JUGA:5 Kecamatan Terpadat di Kabupaten Tanggamus,Lampung Nomor 1 Ternyata Bukan Kota Agung

Lalu Kecamatan Kota Agung Barat (101,30 Km2),Kota Agung Timur (73,33 Km2),Pulau Panggung (437,21 km2), Ulu Belu (323,08 Km2) Air Naningan 186,35 Km2,Talang Padang (45,13 Km2),Sumberejo (56,77 Km2), Gisting (32,53 Km2),Gunung Alip (25,68 Km2), Pugung (232,40 Km2), Bulok (51,68 Km2) Cukuh Balak (133,76 Km2), Kelumbayan (121,09 Km2), Limau (240,61 Km2) serta Kelumbayan Barat 53,67 Km2.

Untuk wilayah Kabupaten Tanggamus terdapat wilayah yang padat penduduk dan wilayah yang lengang, berikut kami rangkum Kecamatan di Kabupaten Tanggamus yang lengang, jika dilihat dari jumlah penduduk per kilometer persegi.

Kecamatan dengan wilayah yang tidak padat penduduknya di Kabupaten Tanggamus, Lampung adalah sebagai berikut.

1. Limau

Kecamatan Limau jumlah penduduknya tercatat 91 jiwa dalam setiap kilometer perseginya.

Limau terdiri dari 11 pekon atau desa yaitu Tanjungsiom,Tegineneng, Tanjungjaya, Pekon Ampai, Pariaman, Padang Ratu, Kuripan,Ketapang, Banjar Agung, Badak dan Antarbrak.

BACA JUGA:14 Nama Yang Pernah Menjabat Dandim 0424 Tanggamus. Ada Yang Pernah Menjabat Pangdam II Sriwijaya

2.Pulaupanggung

Kecamatan Pulaupanggung jumlah penduduknya per kilometer persegi tercatat 94 jiwa.

 Kecamatan Pulaupanggung terdiri dari 21 desa atau pekon yaitu Pekon Batubedil,Gedung Agung,Gunungmegang, Gunungmeraksa,Kemuning,Muaradua, Penantian,Pulau Panggung,Sinar Mancak,Sinar Mulyo, Sindangmarga, Srimenganten,Sumber Mulyo,Talang Beringin, Talang Jawa,Tanjung Begelung,Tanjung Gunung,Tanjung Rejo,Tekad, Wayilahan dan Airbakoman.

3.Pematangsawa

Kecamatan Pematangsawa terdiri dari 14 desa/pekon.Pekon/desa di Kecamatan Pematangsawa terdiri dari Pekon Betung,Guring,Kampung Baru,Karang Brak,Kaurgading,Martanda,Pesanguan,Tampangtua,Tampangmuda,Tanjungan,Teluk Brak,Tirom,Way Asahan dan Waynipah.

Terdapat dua wilayah Pematangsawa darat dan Pematangsawa yang berada di seberang lautan. Jumlah penduduk di Kecamatan Pematangsawa 98 jiwa per KM persegi. 

4 Kecamatan Kelumbayan

Kecamatan Kelumbayan terdiri dari 8 pekon/desa, yaitu Pekon Napal (Ibu kota Kecamatan), Pekon Negeri Kelumbayan, Pekon Paku, Pekon Umbar, Pekon Susuk, Pekon Penyandingan, Pekon Unggak dan Pekon Kiluan Negeri. 

Jumlah penduduk di Kecamatan Kelumbayan per meter persegi sebanyak 103 jiwa.

Kecamatan Kelumbayan memiliki potensi alam yang sangat luar biasa. Salah satunya adalah potensi pariwisata bahari. Diantara objek wisata yang sangat dikenal dan telah banyak dikunjungi wisatawan lokal dan mancanegara adalah Teluk Kiluan, yang terkenal dengan keindahan pantainya dan adanya habitat Lumba-lumba. 

Di Kelumbayan juga terdapat spot foto keren yaitu di Pantai Gigi Hiu. Disebut Gigi Hiu karena terdapat banyak batu karang menjulang yang bentuknya seperti gigi hiu.

5. Ulubelu

Kecamatan Ulubelu terdiri dari 16 desa/pekon yaitu Datarajan,Penantian,Tanjung baru,Ngarip,Gunungsari,Karangrejo,Gunung tiga,Muaradua,Pagaralam,Airabang,Sinarbanten,Sirnagalih,Petaykayu, Rejosari,Sukamaju dan Ulusemong.

Kecamatan Ulu Belu merupakan daerah berbukit atau pegunungan dengan tinggi terendah 560 meter di atas permukaan laut (mdpl) di desa Petay Kayu dan yang tertinggi 1.100 dpl pada desa Penantian,sehingga tak heran jika wilayah ini bersuhu dingin. 

Kecamatan Ulubelu terkenal dengan komoditas kopinya, mayoritas penduduk di Kecamatan Ulubelu berprofesi sebagai petani kopi.

Di Kecamatan Ulubelu juga terdapat sejumlah potensi wisata, seperti Air Terjun Pelangi, sumber mata air panas dan danau hijau. Jumlah penduduk Kecamatan Ulubelu sebanyak 138 jiwa per Kilometer persegi.

Itulah tadi informasi mengenai, kepadatan penduduk yang ada di lima kecamatan berdasarkan data dari BPS Tanggamus.(*)

 

 

Sumber: