5 Kecamatan Terpadat di Kabupaten Tanggamus,Lampung Nomor 1 Ternyata Bukan Kota Agung

5 Kecamatan Terpadat di Kabupaten Tanggamus,Lampung Nomor 1 Ternyata Bukan Kota Agung

Jalinbar Kecamatan Gisting. Kecamatan Gisting merupakan kecamatan dengan penduduk terpadat. Foto Rio Aldipo--

RADARTANGGAMUS.CO.ID-- Kabupaten Tanggamus adalah salah satu daerah yang ada di wilayah Provinsi Lampung.Kabupaten Tanggamus dibentuk berdasarkan Undang-Undang Nomor 2 Tahun 1997.

Kabupaten Tanggamus diresmikan menjadi Kabupaten pada tanggal 21 Maret 1997.Wilayah Kabupaten Tanggamus terdiri dari 20 Kecamatan yakni Kecamatan Wonosobo, Semaka, Bandar Negeri Semuong, Kota Agung, Pematang Sawa.

Lalu Kota Agung Timur, Kota Agung Barat, Limau, Pulau Panggung, Ulu Belu, Air Naningan, Talang Padang, Sumberejo, Gisting, Gunung Alip, Pugung, Bulok, Cukuh Balak, Kelumbayan dan Kelumbayan Barat.

BACA JUGA:Nelayan Kelumbayan Minta Dinas Kelautan Lampung Bangun Dermaga TPI

Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Tanggamus, penduduk Kabupaten Tanggamus berdasarkan hasil Proyeksi Penduduk Interim 2021–2023 (Pertengahan tahun/Juni) sebanyak 652.898 jiwa yang terdiri atas 337.598 jiwa penduduk laki-laki dan 315.300 jiwa penduduk perempuan. 

Sementara itu besarnya angka rasio jenis kelamin penduduk laki-laki terhadap penduduk perempuan sebesar 107,1.Kepadatan penduduk di Kabupaten Tanggamus tahun 2022 berdasarkan hasil Proyeksi Penduduk Interim 2021–2023 (Pertengahan tahun/Juni) mencapai 140 jiwa per km persegi.

Untuk kepadatan penduduk di 20 kecamatan di Kabupaten Tanggamus, Lampung sendiri cukup beragam. Ternyata wilayah yang luas dengan jumlah penduduk yang banyak, tidak menjadi patokan wilayah terpadat.

BACA JUGA:Pj Kepala Daerah, Diusulkan DPRD dan Diputuskan Presiden

Berikut kami rangkum wilayah terpadat di Kabupaten Tanggamus berdasarkan Sensus Penduduk (SP) tahun 2021 oleh BPS Tanggamus dan hasil proyeksi penduduk interim tahun 2021-2023.

1. Kecamatan Gisting.

Wilayah terpadat nomor satu di Kabupaten Tanggamus ternyata ditempati Kecamatan Gisting dengan jumlah penduduk 1.349 jiwa per KM persegi.

Kecamatan Gisting terdiri dari 9 desa/pekon, yaitu Gisting Atas, Gisting Bawah, Purwodadi, Kuta Dalom, Banjarmanis, Campang,Sidokaton, Landbaw dan Gisting Permai. Luas wilayah 

Kecamatan Gisting tercatat sebesar 32,53 km persegi.Desa Campang merupakan desa terluas dibandingkan 8 desa lainnya, yaitu sebesar 27,66 persen dari luas Kecamatan Gisting.

2.Talang Padang

Sumber: