Sejarah Hari Lahir Pramuka di Indonesia

Sejarah Hari Lahir Pramuka di Indonesia

Bupati Tanggamus Hj Dewi Handajani saat menghadiri Apel Besar Gerakan Pramuka dalam rangka Hari Pramuka Ke 62 tahun 2023 di Bumi Perkemahan Pantai Khikit Pekon Betung Kecamatan Pematang Sawa. Foto Instagram dewihandajani_tanggamus--

Selain pelantikan pengurus Gerakan Pramuka, pada tanggal 14 Agustus 1961 pula dilangsungkan defile Pramuka yang bertujuan untuk memperkenalkan secara resmi Gerakan Pramuka Indonesia kepada khalayak. Sejak itu, tanggal 14 Agustus kemudian dikenal sebagai Hari Pramuka 

*Gerakan Pramuka Diperkenalkan

Sesuai Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka, kepemimpinan perkumpulan ini dipegang oleh Dewan Pimpinan Nasional (MAPINAS) yang terdiri dari Kwartir Nasional dan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka secara harian. 

Bertindak sebagai Mapinas Ir. Soekarno, yang merupakan Presiden RI,  Wakil Ketua I dijabat Sri Sultan Hamengku Buwono IX dan Wakil Ketua II Brigjen TNI Dr.A. Aziz Saleh.

Sementara itu dalam Kwarnas, Sri Sultan Hamengku Buwono IX menjabat Ketua dan Brigjen TNI Dr.A. Aziz Saleh sebagai Wakil Ketua merangkap Ketua Kwarnari.

Kepramukaan secara resmi diperkenalkan kepada seluruh rakyat Indonesia pada tanggal 14 Agustus 1961, tidak hanya di ibukota Jakarta tetapi juga di tempat-tempat penting di Indonesia. 

Di Jakarta, sekitar 10.000 anggota gerakan Pramuka menggelar apel besar dan defile di depan presiden dilanjutkan pawai pembangunan keliling Jakarta. 

Sebelum pawai, Presiden melantik anggota Mapinas, Kwarnas dan Kwarnari, di Istana Negara, serta menyerahkan tanda penghargaan dan kehormatan berupa panji Gerakan Pramuka Nasional Indonesia (Keppres No. 448 Tahun 1961) yang diterima Ka Kwarnas Sri Sultan Hamengku Buwono IX sesaat sebelum pawai dimulai.  

Acara perkenalan pada tanggal 14 Agustus 1961 tersebut kemudian diperingati sebagai Hari Pramuka yang diperingati setiap tahun oleh seluruh jajaran dan anggota gerakan Pramuka.(*)  

 

 

 

Sumber: