Ujian Praktik SIM C Kini Lebih Mudah, Zig-zag dan Angka 8 Diganti Huruf S

Ujian Praktik SIM C Kini Lebih Mudah, Zig-zag dan Angka 8 Diganti Huruf S

Lintasan baru Ujian SIM C di Satpas Tanggamus. Foto Ist--

RADARTANGGAMUS.DISWAY.ID--Satuan Lalulintas (Satlantas) Polres Tanggamus resmi menggunakan lintasan baru dalam ujian praktik SIM C, dimana sudah tidak ada lagi materi zig-zag, angka 8 dan slalom test.

 

Perubahan lintasan ini sesuai dengan keputusan Kakorlantas Polri Nomor KEP/105/VIII/2023 tanggal 04 Agustus 2023 terhitung mulai tanggal 07 Agustus 2023 merubah jalur lintasan menjadi lebih mudah. 

BACA JUGA:Diklaim Lebih Mudah, Tak Ada Zig-zag dan slalom di Ujian Praktek SIM C Terbaru

Penerapan ujian lintasan baru dipimpin langsung Kasat Lantas Polres Tanggamus AKP Amsar diikuti sejumlah pemohon SIM C, Selasa 15 Agustus 2023.

Menurut AKP Amsar, perubahan lintasan ujian praktik SIM C ini dilakukan setelah adanya evaluasi dari Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri yang menilai bahwa manuver angka 8 dianggap menyulitkan peserta ujian.

“Selain perubahan bentuk lintasan, lebar sirkuit ujian praktik juga mengalami penyesuaian dari ukuran 1,5 menjadi 2,5 kali lebar kendaraan,"jelas Amsar mewakili Kapolres Tanggamus  AKBP Siswara Hadi Chandra.

Dikatakan Amsar bahwa perubahan lebar lintasan juga untuk mengakomodasi empat materi ujian praktik, sehingga memiliki ruang yang lebih luas dan aman bagi pemohon SIM C menjalani ujian.

Adanya perubahan bentuk lintasan menjadi huruf S ini diharapkan ujian praktik SIM akan lebih mudah dilakukan oleh peserta, tanpa mengurangi tingkat kesulitan yang seharusnya dihadapi dalam ujian. 

“Dengan lintasan baru ini pemohon SIM yang lulus menjadi 90 persen,"ucap kasatlantas.

Masih kata Amsar, dengan diakomodirnya usulan masyatakat ini oleh Polri, maka ia mengimbau masyarakat untuk dapat mengikuti ujian praktik SIM dengan lebih baik.

"Harapannya praktik ujian SIM C baru ini memberikan manfaat positif dalam kesadaran berkendara serta keselamatan di jalan raya,"tandasnya.

Dengan adanya lintasan baru ini sejumlah pemohon SIM C mengaku senang dan memberikan apresiasinya kepada Polres Tanggamus.

 

Sumber: