Jalan Dan Rumah Warga Sering Terendam Air. Penyebabnya Ini

Jalan Dan Rumah Warga Sering Terendam Air. Penyebabnya Ini

Rumah dan jalan kerap terendam. Foto net--

RADARTANGGAMUS.CO.ID-- Genangan air di pemukiman rumah hingga ke jalan raya dikeluhkan warga Pekon Putihdoh, Kecamatan Cukuhbalak, Kabupaten Tanggamus, Lampung. 

Menurut warga luapan air berasl dari sungai kirain, kemudian diperparah tidak adanya salurun drainase sebagai pembuangan air.

Sumardi, warga Pekon Putidoh mengatakan kondisi sudah lama terjadi, terutama rumah warga yang berada di kawasan rendah. 

Parahnya lagi, kata dia, beberapa bulan ini air masuknya ke pemukiman rumah warga, karena luapan sungai tersebut. Hal itu karena terjadi penumpukan sedimen sungai dan terjadi pendangkalan.

“Untuk itu, warga  berharap adanya normalisasi sungai ini,” katanya. Sumardi bahkan menyebutkan rumah warga yang kerap terendam air sungai adalah rumah milik Ahmad, Pakhruddin, Alhasil, Selamat, dan Taswon, serta beberapa rumah wraga lainnya di pekon itu.

" Belum lagi rumah warga lainnya yang menjadi langganan luapan sungai tersebut,"jelasnya. 

Hal sama juga dikatakan warga lainnya, Ali luapan sungai yang menggenangi rumah warga dan jalan itu tentunya sangat berdampak terhadap kwalitas aspal jalan, dimana jalan yang tergeng mengalami cepat rusak."Otomatis lah mas aspal jalan cepat rusak,"ujarnya.

Ali mengaku, usulan proposal normalisasi sungai sudah beberapa kali. Tapi tidak ada tanggapan dari pemerintah daerah. 

Terakhir di ajukan pada 209 lalu."Sudah berapa kali kami ajukan proposalnya tapi gak pernah terealisasi,"ungkapnya.

Ali dan Sumardi berharap agar Way Kirai secepatnya dinormalisasi. Selain air masuk rumah saat musim hujan, jalan pekon juga menjadi becek dan hancur.

"Kami sangat berharap dari Pemkab Tanggamus bisa turun langsung ke lokasi. Lihat jalan sepanjang 800 meter ini, jika musim hujan akan sangat parah,” tutupnya. (*)

Sumber: