PNS di Kabupaten Tanggamus Didominasi Perempuan, Paling Banyak Lulusan S1

PNS di Kabupaten Tanggamus Didominasi Perempuan, Paling Banyak Lulusan S1

Jumlah PNS di Kabupaten Tanggamus didominasi perempuan. Foto internet--

RADARTANGGAMUS.CO.ID--Jumlah total pegawai negeri sipil (PNS) di Kabupaten Tanggamus 5.196. Dari jumlah tersebut, PNS perempuan mendominasi dengan jumlah sebanyak 2.940, sedangkan PNS laki-laki sebanyak 2.256 orang.

 

Jumlah tersebut berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Tanggamus yang dikemas dalam Kabupaten Tanggamus dalam angka tahun 2022.

 

Dari jumlah total 5.196 PNS tersebut, sebagian besar pendidikannya adalah sarjana dengan persentase sebanyak 67,85 persen.

 

Adapun PNS berdasarkan Pasal 1 Undang-Undang Nomor 43 Tahun 1999 memberikan pengertian PNS adalah mereka yang setelah memenuhi syarat-syarat yang ditentukan dalam peraturan dalam peraturan perundang-undangan yang berlaku, diangkat oleh pejabat yang berwenang dan diserahi tugas dalam suatu jabatan Negeri atau diserahi tugas Negara lainnya yang ditetapkan berdasarkan sesuatu peraturan perundangundangan dan digaji menurut peraturan perundang-undangan yang berlaku.

 

Dalam data Kabupaten Tanggamus dalam angka Jumlah PNS menurut tingkat pendidikan dan jenis kelamin di Kabupaten Tanggamus, Desember 2021 dan Desember 2022, jumlah PNS perempuan kalah pada jenjang Sekolah Dasar (SD), SMP, SMA, Diploma II dan S2 (Pasca Sarjana)

 

PNS perempuan di Kabupaten Tanggamus mendominasi untuk yang lulusan Diploma III, Diploma IV dan Strata 1 (Sarjana).

 

Berikut rincian jumlah PNS berdasarkan jenjang pendidikan.

1.Sekolah Dasar (SD) 

Sumber: