Terdapat 5 Jenis Ikan Di Indonesia Yang Hampir Punah

Terdapat 5 Jenis Ikan Di Indonesia Yang Hampir Punah

Lima jenis ikan yang hampir punah di perairan laut Indonesia. Foto Net--

Hiu paus adalah ikan terbesar di dunia memiliki panjang mencapai 18 meter. Ikan Hiu Paus selalu bermigrasi baik secara sendiri maupun kelompok baik di perairan lepas hingga ke perairan pantai. 

Ikan ini banyak ditemukan di Samudera Hindia dan Indonesia. Diantara tubuh ikan ini yang paling mahal adalah siripnya yang memiliki nilai ekonomis tinggi serta dagingnya dapat konsumsi membuat ikan ini banyak diburu bahkan terancam punah. 

4. Hiu Gedebong

Selain itu Jenis ikan lainnya yang terancam punah yakni, Hiu Gedebong atau hiu bisu. Ikan yang memiliki nama latin Nebrius ferrugineus tersebut mempunyai bentuknya cukup unik karena memiliki sirip ekor yang asimetris karena mempunyai kelebihan sendiri yang tidak dimiliki oleh hewan lainnya.

5. Hiu Gergaji

Selanjutnya Hiu gergaji atau Pristis microdon Latham, Hiu ini sudah terancam punah karena menjadi buruan utama para nelayan.

Bentuknya Hiu ini cukup unik dibanding Hiu lainnya. Hiu Gergaji terdapat moncong yang cukup panjang serta bentuknya seperti gergaji, dan memiliki sirip yang cukup banyak. 

Hiu Gergaji hidup di perairan tawar dan lepas pantai, hiu ini mudah ditemukan di kawasan Kalimantan dan Laut Arafura. 

Uniknya Hiu ini, ketika mencari mangsa selalu mengandalkan moncongnya, bahkan manusia bisa binasa jika tidak paham menjinakan hiu ini.

Yang paling bernilai ekonomis adalah daging dan siripnya. Bukan hanya itu kulit dan tulang rawannya menjadi incaran para tengkulak. Jadi tidak heran jika hewan laut yang satu ini terancam punah. 

Bahkan saat ini pemerinh sudah membuat aturan tentang larangan menangkap hiu ini. Hal itu dilakukan untuk menjaga kelangsungkan hidup hewan tersebut. (*)

Sumber: lima jenis ikan hampir punah