Kalak BPBD Sempat Menolak ke RS Sebelum Wafat

Kalak BPBD Sempat Menolak ke RS Sebelum Wafat

Randi Pratama - Sekretaris Daerah Kabupaten Lampung Selatan, Thamrin, S.Sos.,M.M. memimpin upacara pemakaman jenazah Heri Bastian pada Kamis, 7 September 2023.--

KALIANDA, RADARTANGGAMUS.CO.ID - Kabar duka kembali melanda lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan. Salah seorang pejabat aktif tutup usia, Kamis (7/9/2023).

Dia adalah Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lamsel, Heri Bastian, S.Sos, MM.

Lulusan Akademi Pemerintahan Dalam Negeri (APDN) itu mengembuskan nafas terakhir di ruang IGD rumah sakit Bob Bazar Kalianda, sekitar pukul 07.45 WIB. 

Menurut informasi yang didapat Radar Lamsel dari kerabat, Heri sudah mengalami sakit sejak Rabu, 6 September 2023, malam. Tetapi dia menolak saat hendak dibawa ke rumah sakit oleh keluarganya. 

BACA JUGA:Ingin Mengajukan Pinjaman KUR Mikro Bank BRI, Simak Tabel Angsurannya

Pada pukul 03.00 WIB, Heri sempat mengalami pingsan karena mengalami kesakitan. Tak lama, Heri sadar lagi. Barulah sekitar pukul 05.00 WIB, dia dibawa ke rumah sakit Bob Bazar Kalianda usai salat subuh. 

Sampai di IGD, Heri sempat pingsan lagi. Melihat kondisinya yang tidak normal, petugas kesehatan membawa Heri ke ruangan rontgen. Beres dari sana, Heri dibawa lagi ke ruang IGD untuk persiapan dirujuk ke rumah sakit Urip Sumoharjo di Bandarlampung. 

"Kami tidak punya firasat apapun. Selain itu, Yai (Heri Bastian) tidak pernah mengungkapkan hal yang aneh-aneh," ujar Ansori, salah satu kerabat Heri Bastian. 

Namun sekitar pukul 07.45 WIB, Heri dinyatakan meninggal dunia. Suasana haru menyelimuti rumah mantan Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol-PP) Kabupaten Lampung Selatan itu. 

Kerabat, sahabat, rekan kerja, awak media, bahkan Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto, turut melayat ke kediaman Heri Bastian. Sebelum dikebumikan, Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan memberikan penghormatan terakhir terhadap jenazah Heri Bastian melalui upacara pemakaman. 

Dalam momen itu, dibacakan juga riwayat hidup dan jabatan yang diduduki oleh Heri selama berkarier sebagai ASN di lingkungan Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan. 

Upacara itu dipimpin langsung oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Lampung Selatan, Thamrin, S.Sos, yang sekaligus menyampaikan sambutan Bupati Lampung Selatan. Isi sambutan itu mengucapkan bela sungkawa sedalam-dalamnya kepada keluarga yang telah ditinggalkan Heri Bastian. 

"Secara pribadi, saya sudah kenal sejak lama dengan Almarhum Heri Bastian," ujar Thamrin. 

Thamrin tak mampu menahan air matanya ketika membacakan sambutan. Dia teringat banyak kenangan yang sudah dia lalui bersama Heri selaku bawahannya. Thamrin mengakui kalau dirinya sering beradu argumen dengan Heri selama bekerja bersama. 

Sumber: