Masuk 50 Besar ADWI 2024,Tim Kemenparekraf Kunjungi Desa Wisata Kiluan Negeri

Kamis 01-08-2024,08:56 WIB
Reporter : Redaksi
Editor : Hanibal Batman

"Saat ini, desa Kiluan Negeri masuk kategori berkembang, harapannya dari berkembang menjadi maju, dengan keterbatasan itu tadi saya sampaikan kembali kami telah melakukan kolaborasi dan sinergitas dengan berbagai lintas sektor,"terangnya.

Tidak hanya sampai disitu, Kemenparekraf sedang mendorong desa dengan kategori terbaik mendapatkan tambahan dana desa.

"Harapannya dengan tambahan dana desa walaupun jumlahnya tidak terlalu besar, untuk kepentingan sektor pariwisata dan pariwisata,"terangnya.

Sementara, Pj. Bupati Tanggamus Lampung Mulyadi Irsan mengatakan bahwa Pemkab Tanggamus maupun Pemprov Lampung konsen terhadap peningkatan sejumlah potensi wisata khususnya di Pekon Teluk Kiluan Negeri, Kecamatan Kelumbayan.

Terlebih lanjut Pj. Bupati perhatian serius bagi Desa Wisata Teluk Kiluan Negeri yang telah masuk kedalam 50 besar anugerah desa wisata indonesia (ADWI) 2024.

"Provinsi dan Kabupaten Tanggamus nanti akan mendampingi Pekon Kiluan Negeri, sebagai salah satu contoh tahun 2025 Pemkab Tanggamus akan memberikan hibah untuk Pokdarwis, hal yang sama juga dari provinsi akan memberikan perhatian karena apa, kepentingan Provinsi berawal dari desa,"paparnya.

Pj. Sekda Tanggamus, Suaidi menambahkan bahwa dengan masuknya Pekon Kiluan Negeri 50 besar ADWI 2024 merupakan capaian membanggakan bagi Tanggamus dan juga Provinsi Lampung.

"Kita akan terus melakukan segala upaya melibatkan berbagai sektor dan pihak terkait agar Teluk Kiluan ini menjadi unggulan dan naik peringkat dari berkembang menjadi maju, dan keluar sebagai juara satu di 50 besar ini, minta doanya dari seluruh masyarakat Tanggamus,"kata Suaidi.

Sementara itu, Camat Kelumbayan Derius Putrawan mengatakan, terimakasih kepada Kementerian Parekraf yang telah mempercayai Pekon Kiluan Negeri masuk kedalam 50 besar ADWI 2024.

"Tentu terimakasih juga saya sampaikan, kepada Dinas Parekraf Provinsi Lampung, OPD Pemkab Tanggamus, serta semua pihak yang telah membantu dalam hal pembenahan maupun bantuan persiapan lomba, sehingga Pekon Kiluan Negeri mampu mengikuti ajang lomba ADWI 2024 ini,"kata Derius sapaan akrabnya 

Ia juga berharap, melalui ADWI 2024 turut meningkatkan pembangunan pariwisata serta kesejahteraan masyarakat.

"Mudah mudahan dengan masuknya Pekon Kiluan ke 50 besar ADWI 2024,juga turut meningkatkan dan mengembangkan sektor lainnya, sehingga imbasnya perekonomian masyarakat maju dan berkembang,"paparnya

Untuk diketahui,Pekon Kiluan Negeri melalui destinasi wisata Teluk Kiluan masuk 50 besar ADWI tahun ini.

Nama Teluk Kiluan berjejer dengan sejumlah nama destinasi ternama lainnya dari berbagai penjuru daerah di Indonesia.

Penilaian ADWI 2024, termasuk Teluk Kiluan sebelumnya harus melalui proses dan akurasi panjang sebelum akhirnya ditetapkan 50 besar.(**)

Kategori :