350 Bonsai Tampil di Pameran dan Kontes Bonsai Nasional yang digelar PPBI Tanggamus

Sabtu 31-08-2024,19:53 WIB
Reporter : Rio Aldipo
Editor : Rio Aldipo

RADARTANGGAMUS.CO.ID--Pameran dan Kontes Bonsai Nasional Majestic 2024 digelar di Kabupaten Tanggamus, Provinsi Lampung, tepatnya di Wisata Butter Fly, Kecamatan Gisting, Sabtu 31 Agustus 2024.

Event pameran bonsai skala nasional yang baru pertama kali digelar di Kabupaten Tanggamus ini mendapat sambutan yang luar biasa, tercatat peserta yang ikut tidak hanya dari Provinsi Lampung saja,tetapi juga dari luar provinsi seperti Jawa Barat,Jawa Timur dan Jawa Tengah.

Pameran dan Kontes Bonsai Nasional Majestic 2024 yang digelar oleh Perkumpulan Penggemar Bonsai Indonesia (PPBI) ini dibuka oleh Pj Bupati Tanggamus Mulyadi Irsan.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Anggota DPRD Provinsi Lampung Heni Susilo, Anggota DPRD Tanggamus Wandi,Nursalim Ahyono dan Agung Setyo Utomo. Lalu Ketua TP PKK Tanggamus drg.Hellen Veranica, Camat Gisting Purwanti dan Kapolsek Talangpadang AKP Bambang Sugiono.

BACA JUGA:Hobi Bonsai, Yuk Kunjungi Panmas Jejama di Pringsewu

BACA JUGA:Ratusan Bonsai Dijemur Bersama

Pj Bupati Tanggamus Mulyadi Irsan dalam sambutannya menyambut baik kegiatan Pameran dan kontes Bonsai Nasional Majestic 2024. Apabila event skala nasional ini baru pertama kali digelar di Kabupaten Tanggamus.

"Event pameran bonsai skala nasional ini sangat bagus. Pesertanya juga bukan hanya dari Lampung saja. Ke depan semoga ini menjadi agenda tahunan yang dikemas dengan sedemikian rupa,bisa juga nanti digandeng dengan kegiatan lain seperti pameran lukisan,"kata Mulyadi Irsan.

Pj bupati melanjutkan menanam dan merawat tanaman hias seperti bonsai saat ini bukan lagi sekadar hobi untuk mempercantik dekorasi rumah tetapi bonsai juga bisa menjadi sumber bisnis ketika tanaman ini ikut dikonteskan atau dilombakan.

"Bonsai ini seni, yang merawatnya harus ekstra sabar. Semoga dengan adanya event seperti ini juga bisa turut mengembangkan UMKM yang ada di Kabupaten Tanggamus,"pungkas Mulyadi Irsan.

Sementara Ketua Panitia Pelaksana, Ari Yudha mengatakan Pameran Kontes Bonsai Nasional Majestic 2024 ini digelar dalam rangka peringatan HUT Ke 79 RI sekaligus HUT ke 45 PPBI.

"Untuk bonsai yang dikonteskan ada 350 bonsai, pesertanya dari seluruh kabupaten/kota yang ada di Provinsi Lampung hingga luar kota seperti Sidoarjo,Jawa Timur, Wonosobo Jawa Tengah dan Bandung Barat Provinsi Jawa Barat,"kata Ari Yudha.

Diungkapkan Ari Yudha bahwa dalam kontes bonsai ini ada tiga kelas yang dilombakan terdiri dari kelas prospek,pratama dan madya.

"Alhamdulillah antusias luar biasa. Selain kontes juga ada pameran bonsai yang berlangsung hingga 6 September 2024. Kita berharap event nasional bonsai bisa kembali digelar di Kabupaten Tanggamus. Kami juga akan mengadakan even-even lokal,"pungkas Ari Yudha.

Ditambahkan Panca,selaku Juri Utama Pameran Nasional (Pamnas) Bonsai mengatakan bahwa yang menjadi penilaian oleh juri adalah bonsai dengan tampilan yang mirip dengan pohon besar tua di alam.

"Jenis bonsai yang dilombakan terdiri dari tanaman serut,sancang,waru, beringin,anting putri dan sianci. Kunci merawat bonsai itu adalah kesabaran,"ucapnya.

Kategori :