Disdik Tanggamus Apresiasi Kegiatan Parenting School di SMPN 1 Cukuh Balak

Kamis 10-10-2024,23:01 WIB
Reporter : Rio Aldipo
Editor : Rio Aldipo

RADARTANGGAMUS.CO.ID--Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Cukuh Balak,Kabupaten Tanggamus menggelar Parenting School yang dipusatkan di Aula SMPN 1 Cukuh Balak, Selasa 8 Oktober 2024.

Kegiatan yang mengambil tema 'Membentuk Generasi Cerdas,Kreatif dan Berakhlak Mulia' itu dihadiri dan dibuka Sekretaris Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Tanggamus Adi Gunawan.

Untuk diketahui,parenting merupakan metode yang tepat bagi orang tua dalam pembentukan karakter anak,parenting bukan sekadar mengasuh anak,namun juga mendidik,membimbing serta melindungi setiap perkembangan anak.

Diera digital seperti sekarang ini, tak hanya guru selalu pendidik di sekolah yang harus beradaptasi dalam memberikan pengajaran pembelajaran pendidikan khususnya pendidikan karakter, namun juga orang tua murid juga dituntut untuk memahami pengasuhan terhadap anak.

BACA JUGA:Saburai TV dan Disdikbud Provinsi Lampung Rencanakan Program Reportase Siswa

BACA JUGA:Aksi Bullying di Pematangsawa,Disdik Tanggamus Sebut Korban dan Pelaku Sudah Berdamai

Sekretaris Disdik Tanggamus,Adi Gunawan dalam sambutannya mewakili Kepala Disdik Tanggamus Yadi Mulyadi memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada SMPN1 Cukuh Balak atas terlaksananya kegiatan Parenting School ini.

"Kami harap acara ini bisa menjadi sarana pembelajaran bagi orang tua wali murid dan kita semua,sehingga bisa terwujud generasi-generasi cerdas,kreatif serta berakhlak mulia,sehingga berguna bagi nusa bangsa dan agama terutama untuk kabupaten tanggamus yang kita cintai ini,"kata Adi Gunawan.

Menurut Adi Gunawan,sejalan dengan peran orang tua dalam pengembangan karakter dan kecerdasan spesifik anak,orang tua juga perlu memahami bahwa anak adalah individu yang berbeda dari mereka.

''Anak-anak memiliki keinginannya sendiri yang perlu diakomodir diarahkan oleh orang tua,apalagi zaman yang sudah serba penuh dengan digital,maka dalam rangka mengarahkan anak agar memiliki kepribadian yang baik orang tua wajib memberikan ketauladanan yang baik dalam kehidupan sehari-hari,"jelas Bang Gun sapaan akrabnya.

Adi Gunawan juga mengungkapkan,bahwa kegiatan parenting school merupakan program yang baik lantaran sejalan dengan program pemerintah dalam rangka mewujudkan generasi emas 2045.

''Dalam kesempatan ini kami berharap kepada para orang tua dapat mengikuti kegiatan ini dengan sungguh-sungguh sehinga apa yang didapat hari ini bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, karena terciptanya generasi yang sempurna adalah tanggung jawab bersama,''pungkasnya.

Sementara Kepala SMPN 1 Cukuh Balak, Syukron Fuad,menyampaikan bahwa tujuan dari kegiatan parenting school kepada orang tua wali murid di era digital seperti saat ini adalah untuk mengubah pandangan cara mendidik anak.

"Kepada orang tua wali murid kami persembahkan acara parenting school ini, semoga bermanfaat bagi kita semua,"ujar Syukron.

Hasan Ashari selaku pemateri parenting, menegaskan bahwa acara ini bertujuan membangun sinergi antara pihak sekolah, siswa dan orang tua wali murid.

Kategori :